Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Sebagai Wujud Bangsa yang Berbhineka

Authors

  • Risky Alfian Eka Nanda Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agus Budianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Heru Budiono Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Toleransi, Antar Umat Beragama, Bhineka

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kerukunan antar umat beragama di Desa Tanon dalam kehidupan yang berbhineka meskipun berbeda tetapi tetap satu dan berjalan harmonis. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri sendiiri terjalin sangat harmonis dan hidup rukun antar sesama, walaupun berbeda agama, mereka tetap saling  menghargai antara satu dengan yang  lainnya. Desa Tanon sendiri merupakan desa yang plural, desa ini memiliki banyak agama yang berbeda yakni Agama Hindu, Islam, Katolik dan Kristen. Meskipun mereka hidup dalam lingkungan yang berbeda keyakinan, namun pelaksanaan masyarakat terkait toleransi  sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dalam berbagai acara besar seperti hari raya umat beragama mereka saling mejaga satu sama lain. Dalam setiap tahun juga diadakan doa bersama antar umat beragama di desa guna tetap menjalin sikaturahmi dan harmonis kerukunan antar umat berama di desa tanon tetap terjaga dengan baik

References

Chaplin, J. P. (2006). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Faridah, Ika Fatmawati. Toleransi Antar Umat Beragama Masyarakat Perumahan. Jurnal Komunitas. Vol. 5 No 1. Semarang: Universitas Negeri Semarang,2013.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/komunitas/article/view/2368

Nabila, W. S. (2021). TOLERANSI DALAM UMAT BERAGAMA DALAMMEMPERKOKOH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DI DUSUN SEGARAN KECAMATAN DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO.

Prayogi, R., & Rohmah, R. A. Toleransi Antarumat Beragama dalam Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa di Desa Pasir Jaya. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 12(1), 186-200.

Sujanto, B. (2009). Pemahaman Kembali Makna Bhineka Tunggal Ika Persaudaraan dalam Kemajemukan. Jakarta. Sagung Seto

Sari, Fitria Kartika, and Sigit Widiatmoko. 2021. “Nilai Karakter Pembelajaran Relief Garudeya Di Gua Selomangleng Kota Kediri Tahun 2021.” 412–20.

https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1579

Agustina, Siti, Sigit Widiatmoko dan Heru Budiono.2021, Pelaksanaan, Undhuh-undhuh D. I. Gereja, Kristen Jawi, and Wetan Gkjw. n.d. “Representasi Nilai Multikulturalisme Dalam Pelaksanaan Upacara Undhuh-Undhuh Di Gereja Kristen Jawi Wetan (Gkjw) Mojowarno.” 189–94.

https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/1372

Alkari, A., Ferdian, F., & Wiratama, N. S. (2021, December). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Relief Bubuksah-Gagangaking di Candi Surowono. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 253-260).

https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1522

Wiratama, N. S. (2021). KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. JURNAL ISTORIA, 17(1), 1-14.

http://repository.unpkediri.ac.id/3659/

Afandi, Z. (2022). Studi Tentang Candi Ngetos Di Kabupaten Nganjuk Ditinjau Dari Kajian Ikonografi. Efektor, 9(1), 66-75. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/17516

Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Nanda, R. A. E. ., Budianto, A. ., & Budiono, H. . (2022). Toleransi Antar Umat Beragama di Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Sebagai Wujud Bangsa yang Berbhineka. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 732–738. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2008

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>