Media Flash SIPA (Sila Pancasila) Pada Lambang Garuda Pancasila Dalam Pembelajaran PPKN Muatan Simbol Sila-Sila Pancasila Kelas 1 SD

Authors

  • Eva Qur’ain Nurdinia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutrisno Sahari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

media flash SIPA, simbol sila-sila Pancasila

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Sukorame 2 Kediri yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran PPKn materi simbol sila-sila Pancasila. Sehingga media pembelajaran yang digunakan bersifat monoton dan hanya menggunakan buku guru da buku siswa, oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yaitu dengan media pembelajaran yang inovatif yang mampu memotivasi siswa untuk belajar, dari analisis kinerja peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pelajaran PPKn materi simbol sila-sila Pancasila yang peneliti beri nama media flash SIPA. Tujuan dari penelitia ini adalah untuk mengetahui validitas media, materi, respon guru dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangkan ADDIE. Produk media pembalajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada materi simbol sila-sila pancasila, setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan media berdasarkan tabel kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi media jika persentase 81 % - 100% termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan, sedangkan analisis data validasi ahli media menunjukkan 92%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran SIPA sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 96%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru kelas menunjukkan persentase 84% yang menunjukkan pada kategori baik digunakan dan uji kepraktisan oleh siswa menunjukkan persentase 94% yang menunjukkan pada kategori sangat praktis digunakan

References

Arieso Hadi, Sutopo, 2003. Multimedia Interakif dan Flash. Yogyakarta : PT Graha Ilmu

Ashari, Avisena. 2020, "Makna 5 Lambang Pancasila, Penjelasan Lengkap Arti Lambang Pancasila dari sila 1 sampai 5".

https://bobo.grid.id/amp/082439388/makna-5-lambang-pancasila-penjelasan-lengkap-arti-lambang-pancasila-dari-sila-1-sampai-5?page=all, diakses pada 20 Januari 2021 Pukul 12:06.

Awaliyah,Nurul. 2018. Dalamjurnal meningkatakan aktivitas belajar sisiwa kelas 4 tema 7 sub tema 1 menggunakan model pembelajaran stadexam couray (kombinasi model student team achievement, example non example dan course review horay) di sdn alalak utara. diakses pada tanggal 2 Januari 2021.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafi. 2017. Dalam jurnal konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Diakses pada tanggal 13 Januari 2021.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Munir, 2013. Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Permana, Yoga. 2011. dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para ahli https://yogapermanawijaya.wordpress.com/. diakses pada tanggal 20 November 2020.

Riduwan, (2015).Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rizka, Afriyan. 2017. dalam jurnal pengembangan media interaktif menggunakan adobe flash pada pembelajaran ppkn materi bangga sebagai bangsa Indonesia di kelas 3A sekolah dasar. Diakses pada tanggal 13 Januari 2021.

Ryfa, 2020. "Lambang Pancasila Lengkap Dengan Contoh Penerapan Lima Dasar Negara Indonesia".

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/berita-update/lambang-pancasila-lengkap-dengan-contoh-penerapan-lima-dasar-negara-indonesia-1ugYqWYayYw, diakses pada 25 Juni 2021 Pukul 11:58.

Safitri, RifkiNovita. 2021, "Penerapan Sila Pertama Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-hari di Kalangan Masyarakat".https://jurnalpost.com/penerapan-sila-pertama-pancasila-dalam-kehidupan-sehari-hari-di-kalangan-masyarakat/17712/?amp, diakses pada 25 Juni 2021 Pukul 12:01.

Sadiman dkk. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Sadiman, A. (2014). Media Pendidikan Pengertian Pengembagandan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Soegiti, Ari. 2016. Pendidikan Pancasila, Semarang: Unnes Press.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tegeh, Made. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu

Winantaputra, Udin. 2014. Pembelajaran Pkn di SD. Banten: Universitas Terbuka

Undang-undang Pendidikan NO. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-12-17

How to Cite

Nurdinia, E. Q. ., Sahari, S. ., & Wiguna, F. A. . (2021). Media Flash SIPA (Sila Pancasila) Pada Lambang Garuda Pancasila Dalam Pembelajaran PPKN Muatan Simbol Sila-Sila Pancasila Kelas 1 SD. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 421–427. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1581

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2