Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dengan hasil pengamatan bahwa dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Prambon belum menggembangkan LKPD berbasis masalah dan masih menggunakan soal tergolong LOTS. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem gerak manusia yang valid dan layak. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-4 SMA Negeri 1 Prambon terdiri dari 35 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan tipe pengembangan yang digunakan yaitu Development Studies dengan 2 tahap yaitu tahap Preliminary Research (tahap persiapan, tahap pendesainan materi) dan tahap Formative Evaluation (self evaluation, expert reviews, one-to-one, revisi, small group, revisi, dan field test). Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket lembar validasi kelayakan. Hasil penelitian ini yaitu validasi ahli diperoleh 87% dan 98%, sedangkan hasil pembahas (guru mapel biologi) diperoleh 100% merupakan kategori sangat valid, disimpulkan bahwa pengembanan LKPD berbasis problem based learning dinyatakan valid dan layak berdasarkan masukan dan saran validator serta uji coba skala kecil dan skala lapangan.
References
Lestari, N. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Melalui Pendekatan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Nurhamidah, S. (2022). Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa. Penerbit P4I.
Hartina, A. W., Wahyudi, & Intan, P. (2022). Dampak Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dalam Pembelajaran Tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341-347.
Tessmer, Martin. 1993. Planning and conducting formative evaluation. London: Kogan Page Limited.
Siregar, A. S. (2022). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Volume, Kapasitas Paru-Paru Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Adhyaksa 1 Jambi.