Penerapan Media Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-5 di SMAN 1 Ngronggot
PDF

Keywords

Index Card Match
Minat
Hasil Belajar
Penelitian tindakan kelas (PTK)
biologi

How to Cite

Hasanah, . M. ., Rahmawati, I. ., Budhiretnani, D. A. ., & Putri, F. K. . (2024). Penerapan Media Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-5 di SMAN 1 Ngronggot . Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 378–382. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/seinkesjar/article/view/4539

Abstract

Minat belajar menjadi faktor keberhasilan dalam tujuan pembelajaran khususnya di SMA Negeri 1 Ngronggot kelas X-5. Berdasarkan observasi diketahui minat dan hasil belajar siswa pada kelas tersebut sangat rendah. Hal ini dibuktikan dengan siswa kurang memiliki ketertarikan dalam belajar,siswa kurang memperhatikan guru yang sedang mengajar, siswa kurang terlibat interaksi dengan guru dalam pembelajaran. Tujuan yang penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Ngronggot melalui penerapan Media Index Card Match. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian pada siklus I adalah siswa yang tuntas berjumlah 16 dengan persentase 44,45 % dan nilai rata-rata kelas 72,5. Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 44,45%. Pada siklus II, dari 36 siswa yang tuntas berjumlah 30 siswa dengan persentase 83,34%, dengan nilai rata-rata kelas 79. Jadi ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II adalah 83,34%.

PDF

References

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, hlm.16

Hamidah, S. N., Bektiarso, S., & Subiki, S. 2022. Penerapan Model PBL Berbantu Media Index Card Match untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Materi Wujud Benda. Jurnal Edumaspul, 6(1). 449-455

Rahmawati, E.D. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Zumiliah, H. & Yulia, D. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Strategi Index Card Match. Jurnal Cahaya Pendidikan.5(1). 65-73

Downloads

Download data is not yet available.