PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19
PDF

Keywords

Numbered heads together
Hasil belajar
Pandemi covid-19

How to Cite

Herniati, Amnah, S., & Desti. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 1(1), 365 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siswa kelas X.6 SMAN 10 Pekanbaru tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan April 2021. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 41 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar biologi siswa setelah perlakuan dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Sebelum PTK nilai daya serap siswa untuk nilai kognitif diperoleh sebesar 78,65%, setelah Siklus 1 diperoleh sebesar 72,46%, dan pada siklus 2 diperoleh sebesar 86,87%.

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v1i1.1253
PDF
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Herniati, Sri Amnah, Desti

Downloads

Download data is not yet available.