Abstract
Pengembangan pendidikan salah satunya dengan belajar untuk proses mendapatkan ilmu. Metode pembelajaran merupakan suatu cara atau langkah-langkah yang dijadikan media untuk menyampaikan materi kepada mahasiswa. Metode pembelajaran memiliki peran yang penting untuk mahasiswa, karena dengan metode pembelajaran yang tepat akan berpengaruh secara optimal dalam pemahaman materi yang diberikan. ada banyak metode pembelajaran yang digunakan, tetapi pada penelitian ini akan membahas metode pembelajaran secara kelompok dan individu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendata dan membahas minat mahasiswa kelas Prodi Pendidikan Biologi Tingkat 1 Tahun Ajaran 2022/2023 Universitas Nusantara PGRI KEDIRI. Metode penelitian ini adalah pengambilan data dengan menggunakan Google Formulir dalam bentuk data angket yang dibagikan melalui salin link tautan dan dikirim ke grup Whatsapp kelas Prodi Pendidikan Biologi Tingkat 1 Tahun Ajaran 2022/2023 Universitas Nusantara PGRI KEDIRI. Subyek pengambilan data adalah 34 orang responden didapatkan didapatkan 82% responden dan 18% tidak merespon. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan juga terdapat tabel diagram. Didapatkan hasil pada metode pembelajaran secara kelompok dengan rincian respon tidak suka berjumlah 0 mahasiswa, respon kurang suka berjumlah 2 mahasiswa, respon suka berjumlah 18 mahasiswa, dan respon sangat suka berjumlah 8 mahasiswa. Sedangkan pada metode pembelajaran secara individu didapatkan hasil dengan rincian respon tidak suka berjumlah 0, respon kurang suka berjumlah 5 mahasiswa, respon suka berjumlah 19 mahasiswa, dan respon sangat suka berjumlah 4 mahasiswa.
References
Ali, Ismun. PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVELEARNING) DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN ISLAM (A) An Nur Lampung. Vol. 7 No. 01 (2021): Pemikiran dan Ilmu Agama Islam Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal ilmiah DIDAKTIKA, 12(1), 149-162.
Faturrohman & Sobry M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama
Nuraisah, M., Priyatna, M., & Sarifudin, A., n.d. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL TERHADAP CAPAIAN TARGET HAFALAN ALQURAN (Studi Kasus di Kelas VIII A SMP Tahfidz Ar-Rasyid Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam. P-ISSN: 2654-5829. E-ISSN: 2654-3753.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Shudur, M. (2019). Manfaat Belajar Kelompok dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 4 (2), 328–346. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/3781
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 M. Raffi Fahriza, Yumna Ghina Ilma, Tutut Indah Sulistiyowati