Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis IoT Menggunakan Metode Fuzzy Logic
PDF

Keywords

Internet of Things
Blynk
Soil Mousture
ESP32
logika fuzzy

How to Cite

Novianto, A. D. ., Farida, I. N. ., & Sahertian, J. . (2021). Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis IoT Menggunakan Metode Fuzzy Logic. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 315–320. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.974

Abstract

Pada perkembangan era globalisasi banyak alat yang dapat membantu pekerjaan manusia secara otomatis. Hasil perkembangan teknologi antara lain penerapan IoT (Internet of Things) untuk pembuatan alat penyiram tanaman secara otomatis, khususnya pada tanaman mawar. Perawatan tanaman mawar secara umum terdiri dari kegiatan menyiram dan memupuk. Namun jika tidak dilakukan secara rutin dapat menyebabkan tanaman mawar menjadi layu. Penyebabnya adalah penyiraman tidak dilakukan secara rutin sehingga kadar air pada tanaman mawar menjadi berkurang. Pembuatan alat penyiram tanaman otomatis ini bertujuan untuk membantu menjaga kadar air tanaman mawar. Penelitian ini menggunakan logika fuzzy untuk mengkategorikan kelembaban tanah dan suhu serta hasil penyiraman pada tanaman mawar. Sedangkan komponen yang dipakai antara lain Soil Mousture untuk kelembaban tanah, DHT untuk suhu sekitar, ESP32 sebagai mikrokontroller dan pompa motor untuk menyiram. Selain itu juga menggunakan aplikasi Blynk yang terinstal pada smartphone sebagai pemantau nilai kelembaban tanah, nilai suhu dan notifiksi penyiraman. Hasil penyiraman menunjukkan kategori menyiram antara lain banyak, sedang, sedikit dan tidak menyiram. Penelitian ini menghasilkan alat yang dapat menyiram tanaman mawar secara otomatis sesuai sensor suhu dan kelembaban dengan notifikasi pada smartphone.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.974
PDF

References

Ula, D.Q., Azizah, N. dan Suryanto, A. 2019. Pembungaan Kembali Tanaman Mawar (Rosa SP.) Sebagai Tanaman Taman Melalui Pemangkasan dan Pemberian Pupuk. Journal of Agricultural Science. Vol 4, No. 1:1-10.

Wandi, D., Fauziah. Dan Hayati, N. 2021.Deteksi Kelayuan Pada Bunga Mawar dengan Metode Transformasi Ruang Warna Hue Saturation (HSI) dan Hue Saturation Value (HSV). Jurnal Media Informatika Budidarma. Volume 5, Nomor 1.

Yuliawan, W. 2019. Pertubuhan Beberapa Bentuk Pangkal Setek Tanaman Mawar (Rosa Sp.) Akibat Cara Aplikasi Zat Pengatur Tumbuh Root-Up. Jurnal Ilmiah Pertanian. Vol. 7, No. 1.

Farmadi, A., Nugrahadi, D.T., Indriani, F. dan Soesanto, O. 2017. Sistem Fuzzy Logic Tertanam Pada Mikrokontroler Untuk Penyiraman Tanaman Pada Rumah Kaca. Jurnal ilmu komputer. Vol. 04, No.02

Wijaya, I.D., Ariyanto, R. dan Fitria, N. 2019. Implementasi IoT Pada SistemPenyiraman Otomatis Tanaman Cabai Berbasis Raspberry Pi dengan Metode Fuzzy Logic. Jurnal Informatika Polinema. Volume 5 No. 3.

Sari, C.A.M., Setiawan, A.B., dan Widodo, D.W. 2020. Otomasi Alat Penyiram Tanaman Cabe Berdasarkan Suhu dan Kelembaban. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi. Kediri. 25 Juli.

Kusumadewi, Sri. Purnomo, Hari. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Alfian Dwi Novianto, Intan Nur Farida, Julian Sahertian

Downloads

Download data is not yet available.