Pengembangan Alat Pelacak Berbasis Internet Of Things pada Sepeda Motor Menggunakan GPS dan ESP8266
PDF

Keywords

ESP8266
internet of things
keamanan
pelacak
sepeda motor

How to Cite

Majid, M. L. A. ., Sahertian, J. ., & Sulaksono, J. . (2022). Pengembangan Alat Pelacak Berbasis Internet Of Things pada Sepeda Motor Menggunakan GPS dan ESP8266. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 253–258. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2592

Abstract

Alat transportasi kendaraan penjelajah yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah sepeda motor. Penjelasannya, motor tersebut merupakan kendaraan yang ramah lingkungan karena efektif dan efisien serta hemat bahan bakar. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan alat transportasi sepeda motor terus mengalami kenaikkan. Meskipun demikian, peningkatan ini juga mempengaruhi kriminal yang juga mengalami peningkatan, misalnya kasus pembegalan dan pencurian motor.Maka dalam mengatasi pencegahan pencurian dan pembegalan sepeda motor, peneliti mengembangkan keamanan motor berbasiskan Internet of Things yang diintegrasikan dengan GPS dan ESP8266 untuk melacak dan mengontrol sepeda motor melalui smartphone dengan koneksi jaringan internet. Tujuan peneliti ini adalah : (1) Untuk mengembangkan alat pelacak sepeda motor berbasis internet of things dnegan menggunakan sensor GPS. (2) Mengembangkan alat keamanan motor yang dapat dikontrol jarak jauh melalui smartphone. Peneliti menyimpulkan, pengembangan alat keamanan sepeda motor berbasis internet of things ini memiliki dua bagian utama yaitu perangkat keras (hardware) sebagai alat pelacak dan perangkat lunak (softaware) sebagai aplikasi mobile untuk melihat posisi kendaraan sepeda motor. Dengan demikian sistem yang dikembangkan diharapkan dapat mengurangi kasus pencurian dan pembegalan sepeda motor.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2592
PDF

References

Samsugi, S., & Wajiran. (2020). IOT: Emergency Button Sebagai Pengaman Untuk Menghindari Perampasan Sepeda Motor. Jurnal TEKNOINFO, 14(2), 99-105.

Sumardi. (2019). Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Menggunakan Sms Dengan Gps Tracking Berbasis Arduino. METIK JURNAL, 3(1), 1-9.

Rumetna , M. S., Lina , T. N., & Santoso , A. B. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Research And Development. Jurnal SIMETRIS, 11(1), 119-128.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Moh. Lukky Abdul Majid; Julian Sahertian, Juli Sulaksono

Downloads

Download data is not yet available.