Aplikasi Game Visual Novel Sebagai Media Pembelajaran dalam Pengenalan Teknologi Komputer Menggunakan Aplikasi Ren’py
PDF

Keywords

Game visual novel
Pengenalan teknologi komputer
Ren’py

How to Cite

Eka Putra, I. R. F. ., Kasih, P. ., & Mahdiyah, U. . (2021). Aplikasi Game Visual Novel Sebagai Media Pembelajaran dalam Pengenalan Teknologi Komputer Menggunakan Aplikasi Ren’py. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 077–084. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.909

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, membuat sebuah permainan menjadi salah satu sarana pembelajaran. Masalah umum dan utama dalam pembelajaran adalah cara penyampaiannya yang kurang menarik dan alasan utama siswa enggan untuk belajar adalah bukan karena meteri yang terlalu sulit untuk dipahami, malainkan karena belajar merupakan proses yang membosankan. Berbagai macam media pembelajaran berfungsi untuk menarik minat siswa agar dapat mengikuti proses belajar dengan baik. Semua orang menyadari bahwa video game sebagai suatu bentuk hiburan, memiliki dampak buruk tersendiri. Namun disisi lain, video game dapat dijadikan sarana pembelajaran yang menantang dan menyenangkan. Dengan membuat sebuah video game interaktif tentang teknologi komputer dalam bentuk Visual novel, akan membantu siswa dalam menambah pengetahuan dan wawasan tentang teknologi komputer. Visual novel adalah sebuah permainan berbentuk fiksi yang berisi gambar statis dan tampilan percakapan untuk menyampaikan narasi dan ucapan. Visual novel ini dibuat menggunakan Ren’py. Metode yang digunakan adalah analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.909
PDF

References

Agusalim, I. D. “Developing Visual Novel Game of English Conversation for DEP EEPIS”. Journal of Education and Practice, Vol.6, No.33,2015.

Dondlinger M. 2007. Educational Video Game Design:A Review of the Literature. Journal of Applied Educational Technology 4(1).21-31. Online. http://www.eduquery.com/

Febriansyah, Hary D. Interactive Storytelling Visual Novel Pariwisata Yogyakarta Untuk Turis Asing Dengan Metode Finite State Machine. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Negri Sunan Kalijogo,2014.

Hikam, Rahman A. 2013. Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang,2013.

Murti, M. (2016). “Game Tukkarmatika Berbasis Android Menggunakan Metode Finite State Machine Dan Algoritma A*”.Retrieved from http://digilib.unmuhjember.ac.id/files/disk1/39/

Putra, Wibawa A. 2015 “Buat Game Novel Visual Multiplatform Menggunakan Ren’Py”.https://teknojurnal.com/renpy/

Sofyan A.,AS. Aji, & G. Primandana. Pembuatan Game Novel Visual “My Story Purple Ink” Menggunakan Ren’Py. Skripsi. Yogyakarta : AMIKOM, 2009.

The Ren’Py Visual Novel Engine.[Online]. Diakses pada Februari 24 , 2021.https://www.renpy.org/.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Ilham Rizki Fauzi Eka Putra, Patmi Kasih, Umi Mahdiyah

Downloads

Download data is not yet available.