Implementation of Augmented Reality Technology on Covid-19 Educational Media for Children
PDF

Keywords

Augmented reality
COVID-19
Fisher Yates Shuffle
Game Edukasi
Markerless
Unity3D

How to Cite

Wabula, D. F. ., Widodo, D. W. ., & Kasih, P. . (2022). Implementation of Augmented Reality Technology on Covid-19 Educational Media for Children. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 172–177. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2580

Abstract

Perkembangan teknologi telah berkembang pesat khususnya,dalam bidang teknologi informasi. dengan adanya teknologi Augmented Reality sebagai media informasi  yang ditampilkan menjadi lebih menarik. Pada penelitian ini implementasi teknologi augmented reality berupa game AR. pembuatan game edukasi Covid-19 di buat agar menarik anak dalam memahami informasi Covid-19, dalam game ini anak bisa melihat dan menjalankat objek AR karakter 3D disertai suara dan teks yang di sajikan sehingga anak tidak bosan dalam mengenal informasi tentang Covid-19, game ini menggunakan Augmented Reality dengan teknik Markerless. Penggunaan Augmented Reality juga membuat game menjadi lebih menarik dan lebih nyata agar anak dapat belajar dengan jelas dan mudah untuk di pahami. Pada penelitian ini game ini berhasil menjalankan objek AR karakter 3D, suara dan deskripsi informasi.. 

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2580
PDF

References

Ika Devi Perwitasari, 2018. Teknik Marker Based Tracking Augmented Reality untuk Visualisasi Anatomi Organ Tubuh Manusia Berbasis Android, Journal of Information Technology and Computer Science Vol, 1 No 1 Agustus 2018.

Siti Nur’aini dkk, 2019. Pengenalan Deoxyribonucleic Acid (DNA) Dengan Marker-Based Augmented Reality. Walisongo Journal of Information Technology Vol.1 No. 2 Desember 2019

Hendra Yulianto dkk, .2021. Perancangan Aplikasi Augmented Reality Menggunakan Barcode Sebagai Sarana Penyampaian Informasi Pencegahan Covid-19 Berbasis Android, https://www.researchgate.net/publication/352968934_PERANCANGAN_APLIKASI_AUGMENTED_REALITY_MENGGUNAKAN_BARCODE_SEBAGAI_SARANA_PENYAMPAIAN_INFORMASI_PENCEGAHAN_COVID-19_BERBASIS_ANDROID diakses pada tanggal 23 maret 2022

Haida Dafitri dkk., 2020. Peranan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Sistem Informasi Volume: 04, Number: 02, October 2020.

Muhammad Arif Iqbal dkk, 2018. Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Lapisan Bumi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android, Jurnal FTIK, Vol. 1 No. 1 tahun 2018.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Diva Febrian Wabula; Danang Wahyu Widodo, Patmi Kasih

Downloads

Download data is not yet available.