Sistem Keamanan Data Teks dengan Steganografi Citra Gambar Menggunakan Algoritma End Of File
pdf

Keywords

Steganografi
Data Teks
Gambar
End Of File (EOF)

How to Cite

Gilbijatno, A. A. ., & Kasih, P. . (2020). Sistem Keamanan Data Teks dengan Steganografi Citra Gambar Menggunakan Algoritma End Of File. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 197–204. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.86

Abstract

Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi pada suatu media sedemikian rupa sehingga keberadaannya tidak terdeteksi oleh pihak lain yang tidak berhak atas informasi tersebut. Pengguna pertama (pengirim pesan) dapat m engirim media yang telah disisipi informasi rahasia tersebut melalui jalur komunikasi publik, hingga dapat diterima oleh pengguna kedua (penerima pesan). Penerima pesan dapat mengekstraksi informasi rahasia yang ada di dalamnya. Pada penelitian ini sistem dibuat dengan menggunakan metode End of File untuk proses penyisipan dan ekstraksi pesan. Sistem keamanan data dibuat bekerja dengan cara melakukan  enkripsi  teks  ASCII  dan  citra  gambar.  Lalu  menggabungkan  keduanya  dalam  suatu  media  dengan menggunakan metode end of file. Pesan yang berupa plaintext (data teks) akan di ubah ke ASCII kemudian disisipkan pada akhir dari media citra yang digunakan. Dengan adanya metode ini memungkinkan kita bisa saling bertukar informasi  tanpa  adanya  rasa  khawatir  pesan  rahasia  yang  kita  kirim  diketahui  oleh  orang  yang  tidak  berhak menerimanya. Pada pengujian dihasilkan karakteristik metode end of file adalah mampu menampung lebih banyak data atau pesan sehingga memungkinkan dapat menyisipkan lebih banyak pesan yang akan disisipk an. Tapi tetap ditentukan oleh ukuran panjang pesan yang akan disisipkan agar tidak mempengaruhi citra penampung yaitu image.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.86
pdf

References

Arifin, R., dan Oktaviana, L. T. 2013, Implementasi Kriptografi dan Steganografi Menggunakan Algoritma RSA dan Metode LSB, Universitas Malang.

Ariyus, Dony. 2008, Pengantar Ilmu Kriptografi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

K. P. Adhiya dan S. A. Patil, “Hiding Text in Audio Using LSB Based Steganography, ”Information and Knowledge Management, vol. 2, no. 3, 2012.

Rifki Sadikin, 2012, Kriptografi Untuk Keamanan dan Implementasi Dalam Bahasa Java. Yogyakarta: Andi Offset.

Saputra, Joko. 2017, Steganografi penyisipan teks pada citra menggunakan end of file, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Sembiring, Sandro. 2013, Perancangan Aplikasi Steganografi untuk menyisipkan pesan teks pada gambar dengan metode End Of FileSTMIK Budi Darma Medan

Munir Rinaldi, 2004, ”Diktat Kuliah IF5054 Kriptografi : Steganografi dan Watermarking”, Teknik Informatika ITB, Bandung, diakses dari http://informatika. stei. itb. ac. id/~rinaldi. munir/ Kriptografi/Steganografi dan Watermarking. pdf, akses 17 September 2019, pukul 13. 14 WIB.

Downloads

Download data is not yet available.