Identifikasi Penyakit Daun Anggur Berdasarkan Fitur Warna Dan Tekstur Dengan Metode Backpropagation Berbasis Android
PDF

Keywords

Backpropagation Neural Network
Citra Digital
Penyakit Daun Anggur
Android

How to Cite

Ansah, M. A. ., Kasih, P. ., & Widyadara, M. A. D. . (2022). Identifikasi Penyakit Daun Anggur Berdasarkan Fitur Warna Dan Tekstur Dengan Metode Backpropagation Berbasis Android. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 265–271. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2594

Abstract

Tanaman anggur adalah jenis tanaman yang dapat ditemukan di daerah Asia Barat, dengan iklim yang hangat. Tanaman anggur juga rentan terhadap serangan penyakit dimana penyakit ini dapat dikenali dari bercak-bercak pada daunnya. Beberapa jenis penyakit daun pada tanaman anggur antara lain, bercak daun, campak hitam dan hawar daun. Penyakit pada daun anggur memiliki kemiripan yang sulit untuk dikenali dengan kasat mata, hal ini berdampak pada kurang akuratnya penyakit yang diidentifikasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan aplikasi identifikasi penyakit pada citra daun anggur sehingga dapat memberikan informasi jenis penyakit daun anggur. Penelitihan ini menggunakan metode BackPropagation Neural Network untuk melakukan identifikasi jenis penyakit daun anggur. Dengan citra inputan berupa gambar kedalam algoritma pembelajaran sistem. Dari hasil pengujian mendapatkan akurasi sebesar 82,5%. Dari hasil pengujian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Algoritma Backpropagation dapat digunakan sebagai identifikasi  jenis penyakit daun anggur.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2594
PDF

References

E. Putra Aprilian Prastianing Huda, Aditya Akbar Riadi, “KLASIFIKASI PENYAKIT TANAMAN PADA DAUN APEL DAN ANGGUR MENGGUNAKAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORKS,” vol. 4, no. 2, pp. 10–17, 2021.

S. S. Simanjuntak, H. Sinaga, K. Telaumbanua, and Andri, “Klasifikasi Penyakit Daun Anggur Menggunakan Metode GLCM, Color Moment dan K*Tree,” J. SIFO Mikroskil, vol. 21, no. 2, pp. 93–104, 2020.

P. U. Rakhmawati, Y. M. Pranoto, and E. Setyati, “Klasifikasi Penyakit Daun Kentang Berdasarkan Fitur Tekstur dan Fitur Warna Menggunakan Support Vector Machine,” Semin. Nas. Teknol. dan Rekayasa, pp. 1–8, 2018.

R. E. Ummy Gusti Salamah, Pengolahan Citra Digital. Kota Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA, 2021.

A. Sudarsono, “Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Bacpropagation (Studi Kasus Di Kota Bengkulu),” J. Media Infotama, vol. 12, no. 1, pp. 61–69, 2016, doi: 10.37676/jmi.v12i1.273.

A. W. Agus Perdana Windarto, Darmeli Nasution, M. S. H. Frinto Tambunan, M. R. L. Muhammad Noor Hasan Siregar, and D. N. Solikhun, Yusra Fadhillah, Jaringan Saraf Tiruan: Algoritma Prediksi dan Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. D. Kasman, “Kolaborasi Dahsyat ANDROID dengan PHP dan MySQL,” Lokomedia, 2013.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Muhammad Ardy Ansah; Patmi Kasih, Made Ayu Dusea Widyadara

Downloads

Download data is not yet available.