Information Retrieval Pencarian Informasi Jenis Musik
PDF

Keywords

Pencarian Informasi
Information Retrieval
SVM
Savoy

How to Cite

Indriati, R. ., & Persada, S. B. . (2020). Information Retrieval Pencarian Informasi Jenis Musik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 305–310. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.500

Abstract

Pencarian informasi jenis musik yang diminati digunakan untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap jenis musik sebagai pendukung keputusan dalam menentukan jenis musik yang akan dikembangkan mahasiswa. Ketidaksesuaian dan kurangnya data tentang music dengan data jenis musik yang dicari mahasiswa dalam menentukan jenis musik yang diminati membuat mahasiswa sulit menentukan jenis music apa yang paling diminati sehingga membuat tidak berkembangnya potensi mahasiswa untuk berprestasi. Permasalahannya adalah bagaimana menemukan minat musik mahasiswa dengan jenis musik yang sesuai dengan menggunakan information retrieval. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan data minat pada jenis musik yang berbentuk dokumen sebagai informasi untuk menentukan jenis musik yang diminati mahasiswa, menggunakan sistem temu kembali informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode waterfall. Pencarian informasi jenis musik yang paling diminati mahasiswa dapat dilakukan dengan menentukan klasifikasi dokumen data dari mahasiswa tentang musik menggunakan SVM dengan pengindeksan menggunakan boolean dan untuk pembobotan menggunakan Savoy. Dengan menggunakan sistem temu balik informasi dapat dilakukan pencarian minat jenis musik mahasiswa secara cepat dan tepat.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.500
PDF

References

Angriawan, Kurniadi. 2009. Pengenalan Sidik Jari Menggunakan Support Vector Machine (SVM). Bandung. Fakultas Elektro dan Komunikasi.

Agus AZ, Setiono AN. Klasifikasi Dokumen Berita Kejadian Berbahasa Indonesia dengan Algoritma Single Pass Clustering. Proceeding of SITIA. Surabaya. 2002: 1-6.

Adhitia, Ramadan Purwarianti, Ayu. 2009. Penilaian esai jawaban bahasa Indonesia menggunakan metode SVM-LSA dengan fitur generic. bandung: Institute Teknologi Bandung.

Erk, K., 2008. A Structured Vector Space Model for Word Meaning in Context. Conference on Empirical Methods in Natural Language Processing. Association for Computational Linguistics.897-906.

Furey T.S, et al., “Support vector machine classification and validation of cancer tissue samples using microarray expression data”, Bioinformatics, Vol.16, No.10, 2000.

Handayani, N.T., 2013. Model Pembobotan Untuk Penentuan Kesesuaian Kawasan Konservasi Terumbu Karang Di Pulau Kodingareng Lompo Kota Makassar.

L.delavenia. 2015. Perancangan Information Retrieval System dengan Metode Extended Boolean dan Savoy: Medan .stmik time.

M.Syafrullah, Syaiful Anwar, 2016. Klasifikasi Kerusakan Kawasan Konservasi Dengan Metode Support Vector Machine (Svm) Menggunakan Kernel Gaussian: Studi Kasus The Nature Conservancy. Jakarta selatan: Universitas Budi Luhur.

Nugroho, B. 2004. “Database Relational Dengan MySQL “. Andi : Yogyakarta.

Sutabri, T., 2010, Analisa Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta. Hartono J, 2009, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Penerbit: Andi Offset,Yogyakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Rini Indriati, Suselo Bara Persada

Downloads

Download data is not yet available.