Sistem Mixer Pencampur Ragi Pada Mesin Pembuat Tempe Skala Home Industry
PDF

Keywords

teknologi alternatif
tempe
mixer ragi

How to Cite

Lio, A. A. ., & Nadliroh , K. . (2024). Sistem Mixer Pencampur Ragi Pada Mesin Pembuat Tempe Skala Home Industry. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(2), 832–840. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/4995

Abstract

Tempe merupakan makanan khas tradisional Indonesia yang dikonsumsi cukup lama karena khasiatnya dan harga yang seimbang. Proses pencampuran ragi secara tradisional dinilai kurang efisien dan higienis, sehingga perlu dikembangkan sebuah mesin pencampur ragi yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam pembuatan tempe. Desain mesin ini menggunakan motor listrik sebagai sumber penggerak, sehingga as akan berputar dan memutar pisau pengaduk. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan para produsen tempe untuk mencampur ragi tanpa memakan waktu yang cukup lama. Sehingga produksi tempe dan tahu di wilayah Kediri setidaknya akan naik dan tentunya dapat membantu untuk meningkatkan penghasilan para produsen tempe itu sendiri. Hal yang perlu diketahui dalam penelitian ini adalah memfokuskan pada rancang bangun mesin pencampur ragi untuk meminimalisir coast yang dikeluarkan oleh produsen tempe dan sekaligus meningkatkan efektifitas dari produksi tempe itu sendiri.

PDF

References

N. Triandita, N. Eska Putri, L. Puluh Kota, and S. Barat, “Peranan Kedelai dalam Mengendalikan Penyakit Degeneratif The Role of Soybean in Control of Degenerative Disease,” 2019.

D. Faridawati and U. Jember, “Analisis Manfaat dan Dampak Radiasi Sinar Gamma untuk Analysis of the Benefits and Impacts of Gamma Ray Radiation for the Growth of Soybean Plants (Glycine max L. Merrill),” AGROHITA JURNAL AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN, vol. 7, no. 4, pp. 680–684, 2022, doi: 10.31604/jap.v7i4.7360.

A. Andayani and S. Hambali, “Poduksi Tempe Sebagai Wirausaha Mahasiswa Santri,” 2017.

S. Abdul Muttalib, W. Apriyanditra, I. Yulianti, R. Hasmi, and M. Umas Hartono, “RANCANG BANGUN MESIN PENCAMPUR KEDELAI DENGAN KAPANG (RAGI TEMPE) PADA INDUSTRI RUMAHAN DI DAERAH KOTA MATARAM,” 2017.

K. Yuniarto, S. M. Abdul, and F. A. H, “UJI KINERJA MESIN PENCAMPUR RAGI TEMPE DENGAN KEDELAI,” 2018.

A. Afandi, A. Fiveriati, A. Sufah Prastujati, and K. Nadliroh, “Pemanfaatan Mesin Pengayak dan Pengaduk Bahan Pembuatan Baglog Jamur di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo,” ABDIRA, vol. 2, no. 3, pp. 59–67, 2022.

D. B. Herlambang, Y. S. Pramesti, and M. M. Ilham, “Rancang Bangun Alat Pengaduk Jahe Kristal Berbasis Elektrik Kapasitas 5 Kg,” Seminar Nasional Inovasi Teknologi, pp. 232–241, 2022.

F. Rhohman, M. Khoirul Anam, and D. Pamungkas, “Perancangan Mesin Pengepress Ampas Tahu Elektrik,” Jurnal Mesin Nusantara, vol. 4, no. 1, pp. 47–54, 2021.

F. M. Saputra and K. Nadliroh, “Rancang Bangun Mesin Pencuci Buah Nanas Dengan Sistem Sprayer Pada Pembuatan Selai Nanas Kapasitas 2,5kg/Jam,” INOTEK, vol. 7, pp. 1068–1075, 2023, Accessed: Jun. 27, 2024. [Online]. Available: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/

A. E. Pratama, A. S. Fauzi, and M. M. Ilham, “Mixer Pencampuran Media Tanam Untuk Pembibitan,” nal Inovasi Teknologi, pp. 47–52, 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Andito April Lio, Kuni Nadliroh

Downloads

Download data is not yet available.