Koreksi Otomatis Ujian Esai Menerapkan Algoritma Winnowing Dan Metode Cosine Similarity
PDF

Keywords

Ujian Esai
Kemiripan Kata
Winnowing
Cosine Similarity

How to Cite

Kayan, A. ., Sanjaya, A. ., & Mahdiyah , U. . (2024). Koreksi Otomatis Ujian Esai Menerapkan Algoritma Winnowing Dan Metode Cosine Similarity. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 8(2), 767–774. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/4986

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memudahkan dan mengurangi waktu koreksi dari ujian esai yang semula masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, terlebih lagi jika terdapat jawaban yang tidak jelas pada saat siswa menjawab ujian esai. Proses yang digunakan dalam sistem berupa pra pemrosesan yaitu mengubah semua huruf kapital menjadi huruf kecil, dan menghapus karakter-karakter yang tidak diperlukan. Setelah melakukan pra pemrosesan maka akan dilakukan perhitungan menggunakan algoritma Winnowing dan metode Cosine Similarityi yang akan menghasilkan presentase kemiripan antara jawaban siswa dengan kunci jawaban guru sehingga dapat digunakan untuk menilai apakah jawaban siswa benar atau salah.

PDF

References

Goesderilidar, G., & Zainurrahman, D. (2021). Prospek Pengembangan Komputasional Linguistik Menggunakan Pemrosesan Bahasa Alamiah (Natural Language Processing/NLP). IndraTech, 2(2), 81-85..

Mufiid, I., & Lestanti, S. (2021). Aplikasi Penilaian Jawaban Esai Otomatis Menggunakan Metode Synonym Recognition dan Cosine Similarity Berbasis Web. Jurnal Mnemonic, 4(2), 31-37..

Ramadhani, R. A., Sanjaya, A., & Prayogo, Y. S. (2023, July). Pemanfaatan Metode Consine Similarity Untuk Koreksi Nilai UAS. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) (Vol. 7, No. 1, pp. 122-130).

Kurniawati, E. F., & Pradnya, W. M. (2020). Implementasi Algoritma Winnowing Pada Sistem Penilaian Otomatis Jawaban Esai Pada Ujian Online Berbasis Web. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 6(2), 169-175..

Hasanah, U., & Mutiara, D. A. (2019, December). Perbandingan Metode Cosine Similarity dan Jaccard Similarity untuk Penilaian Otomatis Jawaban Pendek. In SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (pp. 1255-1263).

Sanjaya, A., Setiawan, A. B., Mahdiyah, U., Farida, I. N., & Prasetyo, A. R. (2024). Pengukuran Kemiripan Makna Menggunakan Cosine Similarity dan Basis Data Sinonim Kata. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 10(4), 747-752.

Wahid, A. A. (2020). Analisis metode waterfall untuk pengembangan sistem informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, 1(1), 1-5.

Rihi, M. P., Pekuwali, A. A., & Sitaniapessy, D. A. (2022). Algoritma Winnowing untuk Mendeteksi Kesamaan Judul Skripsi Teknik Informatika: Winnowing Algorithm for Detecting the Similarity of Informatic Engineering Undergraduate Thesis Title. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 2(2), 42-52.

Arfandy, H., & Musdar, I. A. (2020). Rancang Bangun Sistem Cerdas Pemberian Nilai Otomatis Untuk Ujian Essai Menggunakan Algoritma Cosine Similarity. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(2), 123-136.

Normawati, D., & Prayogi, S. A. (2021). Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 5(2), 697-711.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2024 Arwienda Kayan, Ardi Sanjaya, Umi Mahdiyah

Downloads

Download data is not yet available.