Perancangan Game Edukasi Reminder Anthem Sebagai Media Pengenalan Lagu Nasional Pada Siswa Sekolah Dasar
PDF

Keywords

Game
Edukasi
Lagu
Nasional

How to Cite

Santoso, C. W. P. ., Sahertian, J. ., & Wulanningrum, R. . (2023). Perancangan Game Edukasi Reminder Anthem Sebagai Media Pengenalan Lagu Nasional Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(3), 1358–1366. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3582

Abstract

Game merupakan sebuah hal yang popular akhir – akhir ini, dikarenakan itu banyak orang berlomba -lomba ber inovasi membuat sebuah game yang bermanfaat dan bersifat edukatif. Hal ini terjadi karena melihat situasi dan kondisi sekarang yang notabene perkembangan teknologi sangatlah pesat. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pembelajaran menjadi sebuah media bahan ajar yang memudahkan guru dan siswa khususnya di bagian pelestarian lagu – lagu nasional yang mungkin sekarang sudah sangat jarang diperdengarkan. Dalam game ini pemain bisa menikmati sekaligus mendapatkan pengetahuan tentang lagu – lagu nasional dengan mengisi lirik lagu yang hilang dan menebak judul lagu dari nada yang akan diputar. Dan pemain akan mendapatkan skor dan skor akan terus bertambah jika pemain bisa menjawab pertanyaan dengan benar, sebaliknya jika pemain tidak dapat menjawab nyawa akan terus berkuran dan akan game over. Game ini berjudul “Reminder Anthem” yang dirancang menggunakan Construct 2 dan hanya berbasis android. Fokus penelitian ini adalah game edukasi dengan tampilan dua dimensi dan hanya ditunjukan untuk siswa sekolah dasar. Terciptanya game edukasi ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan dapat membantu sebagai media bahan pembelajaran

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i3.3582
PDF

References

Setiawan, S., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2016). Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Android Tebak Lagu Nusantara: Senara. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 9(2), 24-30.

Santoso, T. N. B. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi Sebagai Sistem Informasi Alternatif Ice Breaking Pembelajaran Di Masa Pandemi. Ecodunamika, 4(1).

Sari, D. P. (2016). Peranan Lagu Nasional Dalam Pembentukan Nilai Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Ramadhania, A., Geifira, G., & Santoso, G. (2023). Mengenal Lagu Daerah dan Lagu Nasional Republik Indonesia sebagai Pendidikan Multikultural bagi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 325-335.

Witantina, A., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Implementasi pembelajaran lagu nasional pada pembelajaran SBDP di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 117-121.

Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Yati, N., Sofyan, F. S., & Syalendra, N. P. (2021). Peran Guru Membiasakan Menyanyikan Lagu Nasional Sebagai Pembentukan Nasionalisme Siswa. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(1), 28-33.

Tatilu, T. I., Sompie, S. R., & Najoan, X. B. (2018). Aplikasi Pembelajaran Lagu Nasional dan Daerah untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 13(3).

Bahrani, B. (2015). MEMBANGUN GAME EDUKASI TEBAK LAGU NASIONAL DAN SURAH PENDEK AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN SWISH MAX4 (Doctoral dissertation, Teknik Informatika).

Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(2), 119-124.

Riswantoro, H. (2018). Perancangan Prosedur Pengeluaran Kas Pada Mini Market Syar’e Mart.

Tjahyadi, M., Sinsuw, A., Tulenan, V., & Sentinuwo, S. (2014). Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D. Jurnal Teknik Informatika, 4(2).

Suryadi, A. (2017). Perancangan aplikasi game edukasi menggunakan model waterfall. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 8-13.

Septian, D., Fatman, Y., Nur, S., Islam, U., & Bandung, N. (2021). Implementasi Mdlc (Multimedia Development Life Cycle) Dalam Pembuatan Multimedia Pembelajaran Kitab Safinah Sunda. Jurnal Computech & Bisnis, 15(1), 15-23.

Taufiq, N. A., & Anshori, I. F. (2023). Aplikasi Pembelajaran Materi Dan Kuis Lagu Wajib Nasional. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI), 6(2), 194-206.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Christa Witta Putra Santoso, Julian Sahertian, Resty Wulanningrum

Downloads

Download data is not yet available.