Deep Learning Untuk Pengenalan Tanda Tangan Dengan Jaringan Syaraf Tiruan
PDF

Keywords

Perceptron
JST
Tanda Tangan

How to Cite

Susanti, R. Y. ., & Wulanningrum, R. . (2020). Deep Learning Untuk Pengenalan Tanda Tangan Dengan Jaringan Syaraf Tiruan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 225–230. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.149

Abstract

Tanda tangan merupakan identitas tanda bukti seseorang. Hal ini membuat keberadaan tanda tangan menjadi penting, biasanya tanda tangan diambil dari nama orang atau gaya lainnya. Dalam membuat tanda tangan tidak boleh diubah-ubah, sebab akan sangat mempengaruhi adanya ketidakaslian identitas, karena dianggap dapat memalsukan sebuah dokumen yang penting maupun dalam melakukan transaksi. Sering terjadi masalah penyalahgunaan tanda tangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, mengakibatkan identitas seseorang terkadang tidak valid. Sering terjadinya pemalsuan tanda tangan, disebabkan oleh sistem verifikasi yang kurang baik. Verifikasi tanda tangan kebanyakan dilakukan dengan manual, yaitu dengan membandingkan menggunakan indera penglihatan yang masih memungkinkan adanya kekurangan untuk mencegah masalah pemalsuan tanda tangan. Penelitian  merancang sistem untuk identifikasi pengenalan pola citra tanda tangan, sistem mampu membedakan tanda tangan asli dan palsu. Proses pengenalan data akan dilatih dengan metode jaringan syaraf tiruan perceptron dan deteksi tepi sobel. Hasil akhirnya sistem mampu mengenali tanda tangan pelatihan pertama hasil 97% dengan 6 tanda tangan asli dan 5 tanda tangan palsu dan pelatihan kedua hasil 95,45% dengan 16 tanda tangan asli dan 6 tanda tangan palsu.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.149
PDF

References

Putra Darma, 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET.

Sefta Asfanji, Hidayatulloh Syarif. 2018. Verifikasi Citra Tanda Tangan Menggunakan Metode Prewitt dan Learning Vector Quantization. Jurnal Informatika, Vol.5, No.2. ISSN: 2355-6579. Solo.

Kumalasanti, Arum Rosalia, Susanti, Erna. 2015. Perancangan Perbandingan Identifikasi Tanda Tangan Statik menggunakan Alihragam Wavelet Symlet dan Coiflet. Yogyakarta.

Apriyana, Sri Maharani Delta. 2013. Perbandingan Metode Sobel, Metode Prewitt dan Metode Robert Untuk Deteksi Tepi Objek Pada Aplikasi Pengenalan Bentuk Berbasis Citra Digital. Palembang.

Poetra Alqurni, Restu. 2016. Pengenalan Tanda Tangan Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron Dan Backpropagation.Techno.com Vol, 15, No.4. ISSN : 352-363 352. Semarang.

Zalukhu Asmardi, 2016. Implementasi Metode Canny Dan Sobel Untuk Mendeteksi Tepi Citra. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Vol.3, No.6. ISSN 2407-389X. Medan.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Riska Yuni Susanti, Resty Wulanningrum

Downloads

Download data is not yet available.