Abstract
Game edukasi ini adalah aplikasi pendidikan yang ditujukan untuk anak usia 4 sampai 5 tahun yang didalamnya telah mencakup Pengenalan Huruf Hijaiyah beserta soal mengenai Huruf Hijaiyah. Metode waterfall digunakan untuk menganalisis dan mendesain dalam pembuatan game ini.Perancangan aplikasi game ini terdiri dari Analisis kebutuhan sistem, pembuatan desain, implementasi, testing dan perawatan. Hasil perancangan game edukasi pengenalan huruf Hijaiyah berhasil dirancang dengan menggunakan software Construct 2 dan dapat berjalan dengan baik.
References
V. Virandika and M. Ary, “Perancangan Game Edukasi Belajar Hijaiyah Menggunakan Aplikasi Scirra Construct 2 Berbasis Desktop,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 197–202, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi%0Ahttp://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/220
A. Faridhatul Ulva and C. Akbar, “Aplikasi Game Puzzle Huruf Hijahiyah Untuk Anak-Anak Berbasis Android,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 5, no. 2, pp. 159–167, 2021.
S. Supriadi, “Rancangbangun Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Game Egine Construct 2,” Buffer Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.25134/buffer.v4i1.1136.
S. A. Yasmin, T. Rahman, and D. Indihadi, “Analisis Penggunaan Media Puzzle Hijaiyah untuk Keterampilan Mengenal Huruf Hijaiyah pada Anak Usia 4-5 Tahun,” vol. 6, no. 2, pp. 209–214, 2022.
T. Mary, H. Mulyono, and F. Azilda, “Perancangan Game Edukasi Berbasis Animasi Multimedia Belajar Huruf Hijaiyah Al- Qur ’ an Pada Taman Pendidikan Al - Qur ’ an Lembang Aro Danau Kembar,” vol. 08, no. 02, pp. 2–6, 2020, doi: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.
W. Gunawan, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah,” vol. 6, no. 1, pp. 69–76, 2019.
M. T. B. Sasmita, S. G. Gunanto, and P. P. Purwachandra, “‘Sibaaqun’ Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Papan,” J. Animat. Games Stud., vol. 5, no. 2, pp. 133–152, 2019, doi: 10.24821/jags.v5i2.3033.
R. W. Pratama et al., “APLIKASI PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH DAN GAME EDUKASI,” pp. 919–938, 2022.
A. Purnomo, “Pengembangan Game Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Disleksia dengan Metode Waterfall,” J. Ris. Komputer), vol. 10, no. 1, pp. 2407–389, 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i1.5545.
R. M. I. Darodjatun and W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” POTENSI (eProsiding Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 70–79, 2020.
G. Edukasi, H. Hijaiyah, and M. R. Handayani, “GAME EDUKASI HURUF HIJAIYAH USIA TAMAN KANAK-KANAK untuk Program Kerja Karang Taruna Perumahan Kaliwungu Indah Desa Protomulyo Kendal,” vol. 13, no. 2, pp. 221–240, 2013.
I. Wahyudi, J. N. Fadilah, and F. Nugroho, “Perancangan Game Pair Matching untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity Game Engine Unity,” vol. 4, no. 2, pp. 139–146, 2022.
S. Mohamad Syipa, “Jurnal Sosial dan Teknologi ( SOSTECH ) Implementasi Game Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah e-ISSN 2774-5155 Berbasis Dekstop dengan Metode MDLC pada Majlis p-ISSN 2774-5147 Ta ’ lim Raudhoh Al Ummahat Jakarta Barat PENDAHULUAN ( Pratama , 2018 ), dalam h,” J. Ilm. Inform., vol. 1, no. 7, pp. 653–660, 2021.
A. T. 2) dan D. H. 3 Muhammad Dafa Miftahul Falah 1, “Hijaiyah Berbasis Android Menggunakan Algoritma Ficher-Yates,” Ranc. Bangun Apl. Edukasi Belajar Hijaiyah Berbas. Android Menggunakan Algoritm. Ficher-Yates, vol. 1, no. 1, pp. 53–61, 2022.
W. K. Nofa, D. Anggraini, P. Hapsari, D. S. Putri, U. Gunadarma, and U. Gunadarma, “Aplikasi pembelajaran huruf hijaiyah berbasis android,” vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2023.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Mochamad Agung Wibowo, Danang Wahyu Widodo