Sistem Informasi Survey Indeks Kepuasan Pelanggan Pada Wish Hair Studio
PDF

Keywords

Sistem Informasi Survey Kepuasan Pelanggan
Service quality
Barbershop
Website

How to Cite

Yusuf, I. F. ., & Pamungkas, D. P. . (2023). Sistem Informasi Survey Indeks Kepuasan Pelanggan Pada Wish Hair Studio. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(1), 191–202. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3428

Abstract

Evaluasi kegiatan di Wish Hair Studio di Kota Kediri seringkali tidak efisien karena informasi yang diperoleh dari survei kepuasan pelanggan belum dapat mendukung evaluasi dengan baik. Beberapa masalah yang ditemukan dalam sistem informasi kepuasan pelanggan adalah proses pengolahan data kepuasan pelanggan yang memakan waktu lama, laporan kepuasan pelanggan yang kurang informatif, dan kesulitan melakukan pencatatan setiap kali survei kepuasan pelanggan, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi survey indeks kepuasan pelanggan berbasis website pada Wish Hair Studio di Kota Kediri guna memudahkan pengumpulan data dan evaluasi pelayanan. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam sistem informasi kepuasan pelanggan adalah Service Quality(SERVQUAL), desain sistem menggunakan testing dan pencocokan. Sistem ini berbasis website. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi berbasis website berfungsi sebagai survei kepuasan pelanggan, memudahkan evaluasi pelayanan di Wish Hair Studio.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i1.3428
PDF

References

B. Irawan, E. D. Sitanggang, dan S. Achmady, “Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit berdasarkan Metode ServQual,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 6, no. 1, hal. 10, 2021, doi: 10.24114/cess.v6i1.21023.

G. Wiro Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, hal. 6–12, 2017.

F. Ariani, S. Sinaga, dan T. Thamrin, “Aplikasi Kepma untuk Mengukur Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Servqual Berbasis Android,” Expert J. Manaj. Sist. Inf. dan Teknol., vol. 7, no. 1, 2017, doi: 10.36448/jmsit.v7i1.873.

Aceng Abdul Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, hal. 1–5, 2020.

S. Ardyani Nalendri, I. Aknuranda, dan F. Pradana, “Pengembangan Sistem Survei Kepuasan Pengunjung pada UPT P2BJ Jawa Timur dengan Metode SERVQUAL dan Analisis Importance & Performance Matrix | Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, hal. 5173–5181, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3226

C. Tristianto, “Penggunaan Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Monitoring Dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan,” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. XII, no. 01, hal. 7–21, 2018.

Y. Prananda, D. R. Lucitasari, dan M. S. Abdul Khannan, “Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan,” Opsi, vol. 12, no. 1, hal. 1, 2019, doi: 10.31315/opsi.v12i1.2827.

Sinollah dan Masruro, “Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan ( Studi Kasus pada Toko Mayang Collection cabang Kepanjen ),” J. Dialekt., vol. 4, no. 1, hal. 45–64, 2019.

Y. Efendi et al., “Aplikasi Survey Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawat Berbasis Mobile,” J. Sains Komput. Inform. (J-SAKTI, vol. 4, no. 2, hal. 397–404, 2020.

A. Fiolitta dan R. Dijaya, “Perancangan Aplikasi Kinerja Karyawan Berbasis Android Di Umkm Handmade Tas Fashion,” Semin. Nas. Inov. Teknol. Tek. Inform., hal. 10–17, 2022.

D. A. S. Putra, D. W. Widodo, dan ..., “Sistem Informasi Survei Indeks Kepuasan Masyarakat pada Puskesmas Berbek,” Pros. SEMNAS …, vol. 00, 2021.

M. Bolung dan H. R. K. Tampangela, “Analisa Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak,” J. ELTIKOM, vol. 1, no. 1, hal. 1–10, 2017, doi: 10.31961/eltikom.v1i1.1.

R. Subariah dan E. Sita Eriana, Praktikum Analisa Dan Perancangan (Uml), no. 1. 2021.

W. Yulianti, L. Tisnawati, F. Teknik, U. Abdurrab, J. Riau Ujung No, dan K. Pekanbaru, “Sistem Monitoring Dan Evaluasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Sebagai Implementasi Penjaminan Mutu Internal Dengan Laravel Dan Rapid Application Development (Rad),” JOISIE J. Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 4, no. Desember, hal. 70–76, 2020.

S. et al Novaryatiin, “258508-Tingkat-Kepuasan-Pasien-Terhadap-Pelayan-13B3250D,” TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr., vol. 1, no. 1, hal. 22–26, 2018.

M. R. A. Purnomo, “Rancangan Basis Data untuk Sistem Informasi Manajemen Toko Ritel,” 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29924

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Ibram Farhani Yusuf, Danar Putra Pamungkas

Downloads

Download data is not yet available.