Implementasi Metode Convolutional Neural Network (CNN) Untuk Klasifikasi Jenis Bunga Ang
PDF

Keywords

Anggrek
CNN
Deep Learning
Klasifikasi

How to Cite

Zainuri, M. ., & Pamungkas, D. P. . (2020). Implementasi Metode Convolutional Neural Network (CNN) Untuk Klasifikasi Jenis Bunga Ang. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 87–92. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.125

Abstract

Bunga merupakan komponen estetika yang menjadi bagian dari kehidupan manusia. Di Indonesia, terdapat banyak sekali tanaman bunga salah satunya adalah bunga anggrek. Bunga anggrek adalah salah satu tanaman yang memiliki anggota jenis terbanyak didunia. Dengan banyaknya spesies yang dimiliki oleh bunga ini maka cara membedakannya pun juga akan sulit, karena banyak diantara jenisnya yang mempunyai bentuk ataupun corak kelopak bunga yang hampir sama. Dari masalah ini, maka dibuatlah aplikasi yang dapat mengidentifikasi jenis bunga anggrek dengan citra bunga tersebut. Convolutional Neural Network (CNN) merupakan salah satu jenis algoritma Deep Learning yang dapat menentukan objek apa saja dalam sebuah gambar, mengenali dan membedakan antara satu gambar dengan yang lainnya. Berdasarkan skenario pengujian yang dilakukan, sistem identifikasi citra bunga anggrek menghasilkan akurasi probabilitas sebesar 0.872.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.125
PDF

References

Pamungkas, D. P. 2019. Ekstraksi Citra Menggunakan Metode GLCM dan KNN Untuk Identifikasi Jenis Anggrek (Orchidaceae), Jurnal Innovation In Research Of Informatics, Vol.1 No.2.

Suartika, I. W. 2016. Klasifikasi Citra Menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) pada Caltech 101. Jurnal Teknik ITS Vol. 5 No. 1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.