Prediksi Persediaan Barang Pada Toko Online Dan Offline Galeri Syahira Menggunakan Metode EOQ
PDF

Keywords

data mining
EOQ
ROP
prediksi
stok barang

How to Cite

Sari, D. K. ., & Pamungkas, D. P. . (2020). Prediksi Persediaan Barang Pada Toko Online Dan Offline Galeri Syahira Menggunakan Metode EOQ. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 98–102. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.127

Abstract

Galeri Syahira merupakan toko yang menjual baju, aksesoris, kerudung dan tas secara offline dan online yang sering mengalami keterlambatan persediaan barang dan ada beberapa penumpukan barang di gudang yang tidak seimbang dengan barang yang terjual. Dengan keadaan seperi itu, dapat mengakibatkan pemborosan dan kerugian bagi pemilik toko Galeri Syahira kara barang yang menumpuk bisa saja lama terjual karena adanya model produk baru, sedangkan apabila terjadi keterlambatan barang, maka pembeli tidak jadi membeli dan memilih untuk mencari di toko lain karena pelanggan cenderung mneyukai barang yang tersedia daripada menunggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan berapa persediaan barang yang harus tersedia digudang menggunakan metode EOQ. Digunkannya metode EOQ karena metode ini mampu mengetahui berapa persediaan yang harus tersedia, total cost atau pengeluaran yang harus dibayar, rata-rata barang yang terjual setiap hari, waktu yang harus ditunggu selama proses pemesanan (lead time), kapan harus melakukan pemesanan kembali atau ROP (ReOrderPoint). Berapa persediaan terbanyak yang harus tersedia digudang, dan juga dapat mengetahui berapa kali harus melakukan pemesanan dalam satu periode.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.127
PDF

References

Mujiastuti, R., Meilina, P., Anwar, M., (2018). IMPLEMENTASI METODEECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA SISTEM INFORMASI PRODUKSIKOPI. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika dan Komputer. Vol. 8, No. 2: 2089-0265.

Rahmawati, R., Agung, A.A.G., Sukmawati, F. (2016). Aplikasi Perhitungan Persediaan Bahan Baku dengan Metode Economic Order Quantity Berdasarkan Varian Produk. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI). Vol. 5, No. 1: 2087-2658.

Hexatama, A, Y., Amin, F. 2018. Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Berbasis Webmobile. Prosiding SINTAK. ISBN. 978-602-8557-20-7

Dr. Akhmad, S.E., M.Si 2018. MANAJEMEN OPERASI Teori dan Aplikasi dalam Dunia Bisnis. Leuwinaggung Gunung Putri Bogor: Azkiya Publishing.

Assauri Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sundah, M.N., Jan, A.H., Karuntu, M.M. 2019. Penerapan Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT. Woloan Permai Perkasa. Jurnal EMBA. Vol. 7, No. 4: 4661-4670.

Nunung Kurniawati. 2018. Prediksi Kebutuhan Bahan Baku Tahu Putih Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity). Jurnal Artikel Skripsi.

Dian Sulistiyo. 2017. Sistem Monitoring Inventaris Meubel Bintang Jaya Menggunakan Metode EOQ (Economic Order Quantity) dan ROP (ReOrderPoint). Jurnal Artikel Sekripsi.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.