Abstract
Sekolah Dasar merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal pertama yang melaksanakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar, dikembangkan sesuai dengan potensi daerah dan sosial budaya. Untuk mencapai tujuan dari pembelajaran dibutuhkan pedoman dalam proses belajar mengajar. Kurikulum 2013 merupakan salah satu pedoman yang menggabungkan beberapa materi pelajaran dalam satu bentuk buku tema. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang sebuah game edukasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat, motivasi serta pemahaman siswa dalam belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai dari buku tema pada sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SLDC (System Development Life Cycle) atau waterfall yang sering digunakan sebagai pengembangan sistem informasi yang sistematis dan terurut, dengan algoritma Fisher-Yates Shuffle. Pembuatan Game ini menggunakan construct 2 yang memudahkan dalam pembuatan game 2D. Game ini dapat dimainkan oleh satu pemain, terdiri dari 7 level yang disetiap levelnya akan muncul beberapa pertanyaan sesuai dari buku tema kelas 3-6. Berdasarkan pengujian black box dan user test dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis game edukasi ini memiliki fitur yang berjalan sesuai dengan fungsinya, praktis dalam penggunaan, dan cukup membantu dalam penyampaian materi.
References
Adrian, Q. J. (2019). Game Edukasi Pembelajaran Matematika untuk Anak SD Kelas 1 dan 2 Berbasis Android. Jurnal Teknoinfo, 13(1), 51-54
Al Irsyadi, F. Y., Annas, R., & Kurniawan, Y. I. (2019). Game edukasi pembelajaran bahasa Inggris untuk pengenalan benda-benda di rumah bagi siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 78-92.
Al Irsyadi, F. Y., Puspitassari, D., & Kurniawan, Y. I. (2019). ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 9(1), 17-28.
Alma, B., Septi, A., dan Ratih. K., (2021).Algoritma Fisher Yates Shuffle sebagai Pengacakan Soal.Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 5(1) 2021, 64-71
Annazili, A. H., & Qoiriah, A. (2020).Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle Dan Fuzzy Tsukamoto Pada Game Petualangan Si Thole Berbasis Android Menggunakan Game Engine Unity. Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 1(4).
Ariadie, C.21 Kemal, H., Khasanah, R., dan Nadila, P., (2021).Rancang Bangun Media Pembelajran Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Tematik.Jurnal Edukasi Elektro.Vol.05, No. 2. 139-142
Budiani, I., Totok, H., Abdul, Khakim., Titin, N., Tiarma, I., (2022). Strategi Pembelajaran. Malang: Pt. Literasi Nusantara Abadi
Mokhammad Ridoi, S.Si., (2019). Membuat Media Pembelajaran Disertai dengan Game Edukasi Sederhana.Maskha : Penayang
Nuqisari, R., dan Endah, S., (2019).Pembuat Game Edukasi Tata Surya dengan Construct 2 berbasis Android.JurnalTeknik Elektro. Vol. 19, No. 02.87-90.
Tristanti, L. B., Akbar, S., & Rahayu, W. A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Construct terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 129-140.
Nugroho, C.W., Kurniawati, A.N., Daru, T. (Ed.). 2020. Globalisasi. Daerah Istimewa Yogyakarta: Intan Pariwara
Anggraini St. A., Afriki., Wulan, R. D., Isnaeni, M., Kusumawardani, I.V. (Eds.). 2017. Pahlawanku. Surakarta : Cv Putra Nugraha
Alexander, A., Giyarto., Kurniawati, A.N., Hastyorini, I.R. (Ed.). 2019. Panas dan Perpindahan. Daerah Istimewa Yogyakarta : Intan Pariwara
Suprihatin, A., Setyaningsih, D., Feneturama, M.D., Giyarto. (Ed.). 2019. Makanan Sehat. Daerah Istimewa Yogyakarta : Intan Pariwara
Aviliyah, A. R., Auprihatin, A., Pamungkas, N. T., Supriyantiningtyas. (Ed.). 2019. Udara Bersih Bagi Kesehatan. Daerah Istimewa Yogyakarta: Intan Pariwara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Thea Satmalra, Ahmad Bagus Setiawan, Juli Sulaksono