Perancangan dan Implementasi Cloud Storage untuk File Sharing dan File Sinkronisasi
pdf

Keywords

cloud computing
nextcloud
file sharing
sinkronisasi

How to Cite

Anwarrudin, M. R. ., Indriati, R., & Sucipto, S. (2020). Perancangan dan Implementasi Cloud Storage untuk File Sharing dan File Sinkronisasi. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 045–050. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.30

Abstract

Penerapan  teknologi  informasi  cloud  computing  dalam  dunia  pendidikan  saat  ini  akan  sangat bermanfaat mengingat banyak file yang akan didokumentasikan dan banyaknya keuntungan yang ditawarkan. Cloud computing merupakan sebuah layanan yang dapat dikonfigurasi dan digunakan untuk berbagi sumber daya secara bersama – sama dimana saja dan kapan saja. Teknologi cloud computing ini dapat dijadikan pengganti penggunaan media penyimpanan statis. Dispendukcapil Kota Kediri yang masih belum menerapkan media penyimpanan statis ini seperti nextcloud yang akan digunakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang Nextcloud sebagai sistem media penyimpanan data di Dispendukcapil Kota Kediri dan melakukan file sharing dan sinkronisasi data  dengan  memanfaatkan  nextcloud  yang  dapat  diperoleh  secara  gratis.  Metode  yang dipakai  menggunakan Network Development Life Cycle (NDLC). Software yang digunakan sebagai sistem operasi adalah ubuntu server 16.04.6 i386 dan nextcloud 17.0.1 sebagai software utama cloud storage. Hardware yang digunakan sebagai server adalah komputer dengan spesifikasi : Processor AMD A4, RAM 6 Giga Byte DDR3, hard disk 500 Giga byte. Hasil dari penelitian ini adalah sistem cloud storage yang menggunakan media nextcloud terdapat pada tabel 2 stabil ratarata membutuhkan bandwidth sebesar 1024 kbps (kilo byte per second) yang diakses baik di jaringan Dispendukcapil Kota Kediri. Pengguna dapat melakukan upload,download,sharing file, edit file secara sinkronisasi dan service SSH untuk pengguna yang ingin meremote server dari luar jaringan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.30
pdf

References

M. Nurohman, A. Setyawan H, and E. Riana, “PERANCANGAN PRIVATE CLOUD COMPUTING PADA KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN JAKARTA,” Nusa Mandiri Jakarta Jl. Damai, vol. 4, no. 1, p. 12540, 2018.

D. Kurniawan, “PEMANFAATAN CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN NEXTCLOUD PADA LAB SMK NEGERI 1 MUARO JAMBI,” 2019.

D. Hariyadi, I. P. Santoso, and R. Saputra, “Implementasi Proteksi Client-Side Pada Private Cloud Storage Nextcloud,” J. Manaj. Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, p. 16, 2019, doi: 10.36595/misi.v2i1.65.

Y. Fitrisia and D. Muhammad Arif Fadhly Ridha, “Implementasi Multi Server Data Storage Pada Cloud Computing,” 2018.

S. Kasus, F. Matematika, P. Alam, U. Pakuan, and U. Pakuan, “IMPLEMENTASI OWNCLOUD UNTUK OPTIMASI SHARING DATA ANTAR Sulitnya Staff Program Studi untuk sharing data Journal , Kuesioner , Surat dll untuk rekapitulasi fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam , salah satu file tersebut akan di publish pada Program,” no. 2013, pp. 1–6, 2014.

N. F. Santoso and H. Supriyono, “Rancang Bangun Cloud Storage Pada Ubuntu Di SMK Texmaco Pemalang,” J. Emit., vol. 17, no. 01, 2018

Downloads

Download data is not yet available.