Rancang Bangun Motor Lift Sistem Ulir Pada Mesin Rotary Drum Filter 3m
PDF

Keywords

Dongkrak Elektrik
Ikan Koi
Motor Lift
Rotary Drum Filter

How to Cite

Firmansyah, R. T. ., & Pramesti, Y. S. . (2022). Rancang Bangun Motor Lift Sistem Ulir Pada Mesin Rotary Drum Filter 3m . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 369–376. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2615

Abstract

Perkembangan potensi disektor perikanan hias air tawar terutama ikan koi (cyprinus carpio). Yang memiliki keindahan terhadap corak tubuh dan warnanya yang menjadikan daya tarik oleh sebagian lapisan masyarakat. Hal ini menjadikan budidaya ikan koi cukup potensial untuk dikembangkan diindonesia, Dalam budidaya ikan koi memiliki tantangan tersendiri dimana turunya kualitas lingkungan dari sisa-sisa pakan dan kotoran yang disebabkan ikan dan tumbuhan yang telah mati berpotensi meningkatkan penyakit, virus dan jamur, akibat buruknya pengelolaan kebersihan kualitas air dikolam. Kondisi tersebut perlu perhatian khusus sekaligus upaya penyelesaian masalah dalam rangka peningkatan kebersihan air kolam. Rotary Drum Filter  adalah alat filterisasi air yang biasa di gunakan pada budidaya ikan koi. Alat ini bekerja dengan drum filter yang diputar motor listrik untuk menyaring kotoran yang berada dikolam dan tidak terlarut air. Alat meringankan pekerjaan pembudidaya ikan koi agar mendapatkan hasil maksimal, efektif dan efisien, serta meningkatkan kualitas produk. Berdasarkan hasil rata-rata pengangkatan dengan beban mesin 64.2kg dan ketinggian 8.9cm dengan waktu 46detik. Menggunakan motor gearbox 12v dan ulir M10 dengan rangka besi kanal U mampu mengangkat mesin RDF daya motor gearbox yang dihasilkan 0.029HP dan membantu pembudidaya melakukan pembersihan kotoran kasar yang terdapat pada media filter dengan praktis dan efisien sehingga menghemat waktu dan tenaga.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2615
PDF

References

Ainnas, A. M. (2017). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Budidaya Ikan Koi Di Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdadan) Pranggang Koi Farm Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Yanuhar, U., Musa, M., & Wuragil, D. K. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Kualitas Air dan Kesehatan pada Budidaya Ikan Koi (Cyprinus carpio). Jurnal KARINOV, 2(1), 69-7.

Damayanti, S. Y., Andriyanto, T., dan Ristyawan, A. (2021). Sistem Monitoring Kualitas Air Tambak Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Berbasis Teknologi Internet Of Things (IOT). In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Volume 5 Nomor 2, 141-147.

Hidayatullah, M., Fat, J., & Andriani, T. (2018). Prototype sistem telemetri pemantauan kualitas air pada kolam ikan air tawar berbasis mikrokontroler. POSITRON, 8(2), 43-52.

Surahman, S. (2016). TA: Rancang Bangun Sistem Rotary Drum Filter (RDF) Serta Pemisahan Kotoran dari Air Penyebab Turbiditas (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).

Soeryanto, S., Budijono, A. P., & Ardiansyah, R. (2019). Analisa Penentuan Kebutuhan Daya Motor Pada Mesin Pemarut Singkong. Otopro, 54-58.

Azly, R. (2017). Rumus menghitung Torsi, Kecepatan dan Daya Motor listrik serta hubungannya. August 19,2017. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:NwgFggAEHfAJ:https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/2017/08/rumus-menghitung-torsi-kecepatan-dan-daya-motor-listrik-serta-apa-hubungannya.html+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id

Rhohman, F. (2021). Rancang Bangun Mesin Press Ampas Kedelai Dengan Sistem Ulir Semi Otomatis. In Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi) Volume 5, Nomor 3. 248-253.

Falendra, R. P. (2017). Perencanaan dan Perancangan Roda Gigi Cacing ( Worm Gir) Dengan Metode Niemenn. Diponegoro: Teknik Mesin UNDIP.

Atho’ullah, A. H. (2019). PENGARUH KEDALAMAN TAKIK ULIR WHITWORTH TERHADAP KEKUATAN LELAH PUNTIR DINAMIS PADA BAJA AISI 1010 (Doctoral dissertation, UNNES).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Resa Tri Firmansyah; Yasinta Sindy Pramesti

Downloads

Download data is not yet available.