Rancang Bangun Alat Pemeras Jahe Kapasitas 5 Kg/Menit Menggunakan Motor Listrik
PDF

Keywords

Air Jahe
Jahe
Parutan Jahe
Perancangan
Pemerasan

How to Cite

Taufiki, M. N. H. ., Pramesti, Y. S. ., & Ilham, M. M. . (2022). Rancang Bangun Alat Pemeras Jahe Kapasitas 5 Kg/Menit Menggunakan Motor Listrik. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 439–444. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2627

Abstract

Jahe adalah salah satu unit UMKM di wilayah Kediri. Namun, proses memeras jahe umumnya masih manual, yang masih membuat proses pemerasan menjadi lebih rumit dan tentu saja tidak efisien. Ini dilakukan sepenuhnya oleh tenaga manusia. Oleh karena itu kami akan merancang alat pemeras jahe yang digerakkan oleh motor listrik dan tentunya juga bisa sedikit praktis jika digunakan, dengan adanya alat ini harapan kami bisa sedikit membantu para pelaku usaha jahe kususnya dalam proses pemerasan. Alat pemeras jahe ini berkapasitas 5 kg dengan rangka yang kokoh dengan digerakkan oleh motor listrik, dalam proses pemerasan memerlukan waktu sekitar 2 menit untuk proses pemerasan hingga selesai dengan bahan jahe 5 kg menghasilkan perasan air jahe sekitar 2 liter air jahe.

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2627
PDF

References

Harwadi L, (2019). Kajian Konsentrasi Gula Pasir Terhadap

Beberapa Komponen Mutu Minuman Instan Kecipir (Psophocarpus tetragolobus). Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alvianto,Riskya (2020) Alat Pemeras Jahe Pada Industri Kecil Menengah Untuk Meningkatkan Sustainability StudiKasus di Home IndustriSirupJaheDewadi Dusun Paten Jurang,RejowinangunUtara, Kota Magelang.

Effendi, Azhar M , 2016 .“Rancang Bangun Mesin Penggiling Dan Pemeras Jahe Kapasitas 120 Kg / Jam” Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Moh Nur Hadi Taufiki; Yasinta Sindy Pramesti, Mohammad Muslimin Ilham

Downloads

Download data is not yet available.