Implementasi Algoritma Quicksort dan Binary Search pada Fitur Pencarian Media Sosial Star
PDF

Keywords

Binary Search
Media Sosial
MVC
Quicksort

How to Cite

Rasi, Y. R., Farida, I. N. ., & Niswatin, R. K. . (2020). Implementasi Algoritma Quicksort dan Binary Search pada Fitur Pencarian Media Sosial Star. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(1), 121–128. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.183

Abstract

Media sosial dapat digunakan sebagai sarana untuk mencari data, informasi dan pembelajaran secara daring. Fitur Pencarian merupakan salah satu fitur yang lumrah pada sebuah aplikasi media sosial. Dalam kesehariannya selain menggunakan search engine seperti: google dan yahoo, mahasiswa pecinta pemrograman web Universitas Nusantara PGRI Kediri juga menggunakan media sosial dalam mencari informasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi media sosial star yang berbasis web sehingga dapat diakses menggunakan media internet. Aplikasi media sosial star ini dibuat untuk membantu mahasiswa pecinta pemrograman web Universitas Nusantara PGRI Kediri. Aplikasi media sosial star ini menyediakan antar muka pengguna yang sederhana sehingga memudahkan user dalam menggunakannya. Dalam pengembangannya aplikasi media sosial star ini dibuat dengan menggunakan metode MVC (Model View Controller). Algoritma pencarian yang digunakan pada pencarian kata adalah menggunakan metode binary search. Pencarian binary search ini dilakukan untuk memperkecil jumlah operasi perbandingan antara data yang akan dicari dengan data yang ada dalam basis data. Dalam prakteknya binary search melakukan pencarian dengan terlebih dahulu membagi menjadi dua data dalam basis data yang sudah terurut terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat melakukan pencarian pengguna yang efektif dan informasi yang ditampilkan dalam aplikasi ini sangat akurat

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i1.183
PDF

References

Latifah, F., dan Saefudin, I. 2018. Perancangan Aplikasi Jejaring Sosial Alumi Pecinta Aplikasi Berbasis ITC Dengan Algoritma Graph Berbasis WEB. JurnalPetir. No. 2. Vol. 11. 1978-9262.

Anwar, K.R., dan Rusmana, A. 2017. Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial Dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, Dan Tenaga Pengelola Perpustakaan. Jurnal Aplikasi Ipteksuntuk Masyarakat. No. 3. Vol. 6. 204 – 208.

Andri. 2019. Penerapan Algoritma Pencarian Binary Search dan Quick Sort pada Aplikasi Kamus Bahasa Palembang Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), No.01. Vol.04. 2477-5126, https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/1104/pdf_31diakses pada tanggal 15 Januari 2020.

Sonita, A., dan Nurtaneo, F., 2015, Analisis Perbandingan Algoritma Bubble Sort, Merge Sort, Dan Quick Sort Dalam Proses Pengurutan Kombinasi Angka Dan Huruf. Jurnal Pseudocode.Nomor 2. Volume II. 2355 – 5920.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Yoseph Rikardus Rasi, Intan Nur Farida, Ratih Kumalasari Niswatin

Downloads

Download data is not yet available.