Sistem Rekomendasi Resep Masakan Menggunakan Kombinasi Metode ROC dan SAW
PDF

Keywords

PHP
ROC
SAW
MySQL

How to Cite

Wahyuni, V. ., Niswatin, R. K. ., & Hariri, F. R. . (2020). Sistem Rekomendasi Resep Masakan Menggunakan Kombinasi Metode ROC dan SAW. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 2(1), 173–180. https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.479

Abstract

Penelitian ini dibuat karena sering dijumpai jika resep masakan beredar secara lisan dari orang satu dengan yang lainya. Akibatnya beberapa bagian resep masakan hilang dan kadang-kadang menimbulkan variasi masakan. Hal ini dikarenakan  faktor  kurangnya pengetahuan  untuk  dapat  mengolah sebuah bahan dasar masakan menjadi sebuah hidangan yang cocok. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem pendukung keputusan untuk merekomendasikan resep masakan dengan metode ROC dan metode SAW untuk membantu pengguna menyelesaikan permasalahan tentang resep masakan dengan cara pengguna  akan  menginputkan sub kriteria yang di inginkan dari kriteria-kriteria yang ada, yaitu kriteria berdasarkan bahan dasar masakan, kesulitan mendapatkan bumbu, jenis masakan, waktu memasak, dan tingkat kesulitan memasak. Dari hasil input data tersebut, aplikasi  akan  merekomendasikan alternatif  resep  masakan yang cocok dan terbaik dari sejumlah  alternatif terbaik sesuai yang diinpukan oleh pengguna pada sistem. Sistem rekomendasi resep masakan dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Macromedia Dreamweaver 8 dan MySQL sebagai databasenya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v2i1.479
PDF

References

. Lestari, Sri Yuni., Kusrini. 2012. Membangun Aplikasi Mobile “Resep Masakan Asia (Indonesia, China, Jepang)” Berbasis Android,. STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

. Rahma, Afiefah. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Mahasiswa Menggunakan Metode SMARTER. 15-35.

. Eniyati, Sri. 2011. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting). ProgramStudi Informasi, Universitas Stikubank.

. Salsabella, Amira. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Resep Masakan Berdasarkan Ketersediaan Bahan Makanan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web, Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Vivi Wahyuni, Ratih Kumalasari Niswatin, Fajar Rohman Hariri

Downloads

Download data is not yet available.