Strategi Promosi Pada Online Shop Tata OS Melalui Implementasi Algoritma Apriori
PDF

Keywords

apriori
promosi
online shop
penjualan

How to Cite

Pratama, N. A. T. ., & Pamungkas, D. P. . (2020). Strategi Promosi Pada Online Shop Tata OS Melalui Implementasi Algoritma Apriori. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 73–78. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.123

Abstract

Pemilik online shop memiliki sejumlah data penjualan namun kerap tidak dimanfaatkan untuk strategi promosinya atau hanya dijadikan sebagai arsip saja. Sehingga kerap kali pemilik online shop merasa bingung saat ingin menentukan barang mana yang paling efektif untuk dijadikan sebagai konten promosi produknya. Melalui algoritma Apriori akan ditemukan frequent item sets dari sejumlah data penjualan yang akan dicari aturan asosiasinya. Dengan memanfaatkan data transaksi setiap pekan dan menentukan seluruh aturan asosiasi, maka setiap barang yang telah memenuhi syarat minimum support sebesar 30% dan minimum confidence sebesar 70% akan dijadikan sebagai acuan strategi promosi oleh pemilik online shop sehingga dapat meningatkan angka penjualan pada pekan berikutnya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.123
PDF

References

Syahdan, S.A., dan Sindar, A. 2018. Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi. Vol.1, No.2: 56-63.

Adiwihardja, C., Cahyati, M. dan Hilma, R. 2018. Implementasi Data Mining Penjualan Tas Pada Toko Fabella Shop Menggunakan Algoritma Apriori. Journal Speed - Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi. Vol.10, No.4: 92-97.

Valerian, A. dan Hakim, L. 2018. Implementasi Algoritma Apriori Untuk Prediksi Stok Peralatan Tulis pada Toko XYZ. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol.V, No.1: 18-22.

Susanto, S., dan Suryadi, D. 2010. PENGANTAR DATA MINING Menggali Pengetahuan dan Bongkahan Data. Yogyakarta: ANDI.

Kusrini, dan Luthfi, E.T. ALGORITMA DATA MINING. 2009. Yogyakarta: ANDI.

Fayyad, U.M. Advances in Knowledge Discovery and Data Mining. 1996. MIT Press.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.