Sistem Penghitung Pelanggan Dengan Metode Viola-Jones
PDF

Keywords

OpenCV
fitur Haar
Viola-Jones

How to Cite

Setiawan, F., Sanjaya, A. ., & Sahertian, J. . (2020). Sistem Penghitung Pelanggan Dengan Metode Viola-Jones. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 41–44. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.118

Abstract

Perhitungan pengunjung sangat berpengaruh pada dunia usaha khususnya dalam bidang jual beli, karena sebagai pengusaha hal ini sangat perlu diperhatikan sebab tidak semua toko dan barang memadai dalam hal pencarian barang dan jumlah pengunjung yang datang. Pada permasalahan yang ditemukan ada sebuah toko elektronik yang masih menghitung pelanggan dengan cara manual disini peneliti menawarkan. Metode Viola-Jones  mampu mendeteksi wajah untuk menghitung pelanggan yang masuk ke dalam toko dengan menggunakan fitur haar yang mampu mencari nilai interval rendah dan tinggi, integral image berpengaruh untuk menghitung jumlah semua piksel di dalam suatu persegi panjang dengan hanya menggunakan empat nilai secara efisien. Dan fitur Adaboost berfungsi untuk mempresentasikan adanya wajah atau tidak pada objek yang ditangkap. Pada cascade classifier fitur ini berguna untuk memisahkan data yang wajah dan bukan wajah. Pada penelitian ini didapatkan akurasi pendeteksian obyek wajah 86,88% dan Waktu pendeteksian tercepat yang diperoleh adalah 116,59 ms dan waktu pendeteksian terlama yang diperoleh adalah 146,11 ms.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.118
PDF

References

Hariani,R. Fadillah,N. 2019. Deteksi Kehadiran Mahasiswa Secara Realtime Menggunakan Webcam Dengan Metode Viola-Jones. Jurnal Nasional Informatikadan Teknologi Jaringan. Vol.3, No: 2.

Syafira,A.R. 2017. Ariyanto,G. Sistem Deteksi Wajah Dengan Modifikasi Metode Viola-Jones. Vol.17, No: 01.

Griffin,J. 2005 Customer Loyalty: How to earn it, How to keep it by Jill Griffin. PT Gelora Aksara Pratama.

Kadir,A. 2019. Panduan Untuk Mempelajari Dasar Computer Vision Menggunakan OpenCV Dan Bahasa Pemrograman Python. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Andono,P.N. Sutojo,T. Muljono. 2017. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Andi

Syafitri,N. Adri. 2017. Prototype Pendeteksi Jumlah Orang Dalam Ruangan. IT Journal Research And Development. Vol.1, No: 2.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.