Mobile E-Learning Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar Kelas 5
PDF

Keywords

Mobile e-learning
Metode Fisher Yates Shuffle
Minat Siswa

How to Cite

Dipa Perwira, M. A. ., Dusea Widyadara, M. A. ., & Sahertian, J. . (2021). Mobile E-Learning Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar Kelas 5. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(1), 281–286. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.968

Abstract

Untuk menumbuhkan minat siswa pada mata pelajaran bahasa inggris kelas 5 ( lima) perlunya pengembangan media yang menarik sehingga siswa berminat dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran mobile e-learning. Berdasarkan pengalaman yang dilakukan guru bahasa inggris di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Fajar Kandat mengungkapkan bahwa masih banyak siswa kurang minat dengan mata pelajaran bahasa inggris. Hal tersebut karena siswa mengalami kesulitan mengeja dalam segi penulisan maupun pengucapan dan menerjemahkannya. Dan guru masih mengalami kesulitan dalam mengajar bahasa inggris. Dikarenakan masih lemahnya teknologi informasi dalam hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sebuah aplikasi berupa mobile e-learning pada mata pelajaran bahasa inggris untuk membantu minat pada mata pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan metode Algoritma  Fisher-Yates adalah sebuah algoritma yang menghasilkan  permutasi  acak  dari  suatu  himpunan  terhingga, hasil dari algoritma ini tidak  akan  berat  sebelah  sehingga  setiap  permutasi  memiliki kemungkinan yang sama.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i1.968
PDF

References

Bekti Humaira’ Bintu. 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery.Yogyakarta: Andi.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Abdullah, Rohi. 2015. Web Programing is Easy. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Pressman,. Bruce. 2014. Software Engineering: Apractitioner’s Approach.. hal 9.

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2013 . Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu.Yogyakarta.

AriefM Rudianto.2011.Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL.C.VANDIOFFSET.

Supono., dan Virdiandry Putratama. 2016. Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta : Penerbit Deepublish.

Wallace, Romney, Marshall B. Dan Paul John Steinbart. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.. hal. 67.

Ahmaddul Hadi. 2014. Pengembangan Sistem Informasi Ujian Online Berbasis Web Dengan Pengacakan Soal Mengunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle. Dept Teknologi Informasi dan Pendidikan, UNP, ISSN : 2086 – 4981.

VinaySignh. 2014. Shuffle an array by modern Fisher-Yates method .https://www.vinaysingh.info/fisher-yates-shuffle/ diakses 10 Januari 2021.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Mohammad Askar Dipa Perwira, Made Ayu Dusea Widyadara, Julian Sahertian

Downloads

Download data is not yet available.