Implementasi Algoritma Finite State Machineuntuk Pergerakan Non Player Character pada Game Petualangan
PDF

Keywords

android
AI
FSM
game
petualangan

How to Cite

Anandra, Y., Sahertian, J. ., & Sanjaya, A. . (2020). Implementasi Algoritma Finite State Machineuntuk Pergerakan Non Player Character pada Game Petualangan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(2), 20–26. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.115

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Algoritma FSM (Finite State Machine) untuk pergerakan NPC (Non-Player Character) yang bertujuan untuk menghasilkan gerakan yang dinamis. Game yang yang bergenre petualangan umumnya kurang dalam penerapkan AI (Kecerdasan Buatan) sehingga permainan tersebut tampaknya kurang menantang. Berdasarkan hal ini, game petualangan dibuat dengan mengimplementasikan AI pada NPC pada platform Android. AI yang digunakan adalah Algoritma FSM yang berfungsi untuk mengatur pergerakan musuh. Metode yang digunakan dalam mengembangkan produk multimedia game ini menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Berdasarkan tes funsionalyang telah dilakukan, hasil pengujian dengan metodeblack-boxmemperoleh nilai baik dan game dapat dikembangkan.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i2.115
PDF

References

Afriany, J., Andrea, R., Yulsilviana, E., Wijayanti, S., & Nabile, D. 2018. Program Pengabdian Masyarakat: Alat Bantu Belajar Ilmu Batuan Berbasis Android pada Kelas Geologi Tambang Smk Negeri 1 Sendawar. Sebatik, 22(2), 202-210

Wijayanti, S., Nurhuda, A., & Andrea, R. 2018. Edugame “Etam-Tainment” Pembelajaran Bahasa Kutai dengan Shuffle Random dan Agen Cerdas

Andrea, R., Akbar, R. I., & Fitroni, M. 2014. Developing battle of Etam earth game agent with finite state machine (FSM) and sugeno fuzzy. ICCS Proceeding, 1(1), 184-187.

Karamian, V. 2016. Building an RPG with Unity 5. x.Packt Publishing Ltd.

Jones, M. T. 2015. Artificial Intelligence: A Systems Approach: A Systems Approach. Jones & Bartlett Learning.

Andrea, R., & Palupi, S. 2018. Membangun Edugame “Boni Kids–Borneo Animal Kids” Permainan Match-up dengan Teknik Pengacakan Shuffle dan Pengembangan Agen Cerdas dengan Model Finite State Machine (Fsm). Sebatik, 19(1), 6-10.

Hormansyah, Dhebys Suryani .,Ariadi Retno T. R.& Dedy Teguh P. 2018. “Implementasi FSM (Finite Satate Machine) pada game perjuangan pangeran diponegoro“:Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang Volume 4, Edisi 4.

Rizqyawan, Muchamad Rizal. 2017. “Pengembangan game aventure satria garuda dengan menggunakan metode FSM (Finite state machine) dan Fuzzy logic”: Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika Vol. 1 No. 1

Adimah, Lailatul Maulani. 2019. “Implementasi metode finite satate machine (FSM) sebagai pengenlan satwa langka pada game endemic zoo”: Seminar Nasional FST 2019 Volume 2

Rahadian, M. F., Suyatno, A., & Maharani, S. (2016).Penerapan Metode Finite State Machine pada Game “The Relationship”. Jurnal Informatika Mulawarman, 14-22

Satrya, Rendy. 2019. “Rancang bangun game android advanture fight hoax dengan Unity menggunakan metode finite state machine”: Journal of Computer and Information Technology Vol.3, No.1, (Pages 35-40)

I. Binanto, “Tinjauan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia Yang Sesuai Untuk Mahasiswa Tugas Akhir,” in Seminar Nasional Rekayasa Komputer dan Aplikasinya, 2015.

Setiawan, I., 2016. Perancangan Software Embedded System Berbasis FSM Online: http.elektro.undip.ac.id/iwan/perancangan, p.20.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL INOVASI TEKNOLOGI

Downloads

Download data is not yet available.