Penjualan Aksesoris Motor dan Mobil dengan Metode Clustering
pdf

Keywords

aksesoris
clustering
data mining
k-means

How to Cite

Randawan, F. ., & Widodo, D. W. (2021). Penjualan Aksesoris Motor dan Mobil dengan Metode Clustering . Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(3), 042–046. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1075

Abstract

Di era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi yang cepat memberikan pengaruh yang besar dalam bidang industri. Hal ini juga membawa suatu perubahan besar dalam tingkat persaingan antar produsen, sehingga pelaku – pelaku usaha tersebut harus selalu menciptakan berbagai teknik untuk terus survive. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Beberapa cara dapat ditempuh untuk mengetahui jenis produk yang harus ditingkatkan dan seberapa besar hasil yang diperoleh untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanfaatan data mining. Beberapa barang yang disediakan di Rumah Lampu setiap harinya yang terbagi beberapa jenis. Data yang telah diterima pastinya sangat banyak. Jika data tersebut dimanfaatkan dengan menerapkan konsep data mining, maka dapat diketahui pola  pemilihan barang yang dijual berdasarkan ukuran, jenis barang, berat barang, dan lain sebagainya. Untuk membantu dalam pengelompokkan data-data yang digunakan pengguna  untuk memasukkan data yang diinput menjadi satu agar nantinya penjualan yang diinginkan lebih optimal dengan menggunakan Metode Clustering.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i3.1075
pdf

References

Maharsi, Sri. 2000. Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Bidang Akuntansi Manajemen. Jurnal Akuntansi & Keuangan. Vol. 2, No. 2.

Handoko, S, Fauziah , Handayani E.T.E. 2020. Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Paket Data Telkomsel Menggunakan Metode K-Means Clustering. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa. Vol. 25 No. 1.

Gustientiedinaa, Adiya, M.H., Desnelita, Y. 2019. Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Data Obat-Obatan Pada RSUD Pekanbaru. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi. Vol. 05 No. 01.

J.A. Harding, M. Shahbaz, S. Srinivas, A. Kusiak. 2006. Data mining in manufacturing: a review, J. Manuf. Sci. Eng. 128. https://doi.org/10.1115/1.2194554

Dhuhita W, M, P, 2015. Clustering Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Status Gizi Balita. Jurnal Informatika. Vol. 15, No. 2.

Prasetyo, E. 2012. Data Mining : Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Andi, Yogyakarta.

Talakua M,W., Leleury Z. A., Talluta A, W. 2014. Analisis Cluster Dengan Menggunakan Metode K-Means Untuk Pengelompokkan Kabupaten/Kota Di Provinsi Maluku Berdasarkan Indikator Indeks Pembangunan Manusia Tahun. Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan. Vol. 11 No. 2.

Awaliah Resky. 2018. Analisis Clustering Untuk Mengelompokkan Tingkat Kesejahteraan Kabupaten/Kota Berdasarkan Sosial Ekonomi Rumah Tangga Di Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Salsabila Najia. 2019. Klasifikasi Barang Menggunakan Metode Clustering K-means Dalam Penentuan Prediksi Barang. Skripsi. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hervianti S, P,. 2018. Analisi Pengelompokkan Penyebaran Lulusan Mahasiswa Universitas Gunadarma Menggunakan Metode Clustering. Ikraith-Informatika. Vol. 2 No. 2.

Wulandari D, A., Jatnika H., Purwanto Y, S,. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Clustering Data Mining Menggunakan Metode K-Means Dan K-Modes. KILAT Jurnal Kajian Ilmu dan Teknologi. Vol. 7 No. 1.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Febry Randawan, Danang Wahyu Widodo

Downloads

Download data is not yet available.