Rancang Bangun Sistem Monotoring Penyiram Tanaman Padi BerbasiS IoT ( Internet Of Things )
PDF

Keywords

Teknologi IoT
Irigasi berbasis IoT
Rancang Bangun Sistem Monitoring Penyiraman Padi Berbasis IoT

How to Cite

Setiawan, H. ., Sahertian, J. ., & Dusea Widyadara, M. A. . (2021). Rancang Bangun Sistem Monotoring Penyiram Tanaman Padi BerbasiS IoT ( Internet Of Things ). Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 5(2), 166–173. https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1032

Abstract

Perkembangan teknologi pada masa sekarang sangat pesat dan cepat, di dalam perkembangan teknologi ini sangat membantu dan memberikan banyak manfaat di dalam keberlangsungan dalam penunjang kehidupan manuasia. Penyiraman tanaman padi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatannya. Para petani masih mengandalkan sistem manual yaitu menyiram tanamannya secara terjadwal dan harus pergi ke lahan persawahannya, cara ini kurang efisien karena masih membutuhkan tenaga dan waktu yang lama, jika di tinggal berpergian jauh petani takut tanaman padinya akan mengalami kematian, bedasarkan masalah yang dialami sekarang. Maka dengan perkembangan teknologi dan mengacu pada permasalahan tersebut dibuatlah sebuah sistem yang dapat mengontrol pengairan tanaman padi jarak jauh berbasis IoT, penelitian ini membuat sistem irigasi sederhana berbasis mikrokontroler yang memonitor dan mengontrol kadar air tanah sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan air. Dalam penerapannya digunakanlah metode waterfall, sistem dirancang menggunakan mikrokontroler Arduino, sensor kelembaban, dan esp32. Mikrokontroler digunakan bersama -sama dengan sensor untuk mengukur dan mengontrol kuantitas fisik. Pada sistem ini kuantitas fisik yang dikontrol adalah kelembaban, dengan demikian akan menghasilkan otomatisasi sistem irigasi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah sistem mampu bekerja dengan baik. Serta sistem mampu menyiram tanaman padi sesuai dengan jadwal yang telah di jadwalkan pada mobilenya.

https://doi.org/10.29407/inotek.v5i2.1032
PDF

References

Nainggolan Christian Fransiscus, Ester Hotma Paido Sihombing. 2019. Rancang Bangun Penyiraman Dan Monitoring Tanaman Otomatis Berbasis IoT (Internet Of Things). Laporan Tugas Akhir. Politeknik Negeri Medan. Medan.

Mufida Elly, Supriyanto. 2017. Otomatisasi Irigasi Sawah Menggunakan Sensor Elktroda Level Berbasis Mikrokontroler Atmega853. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi: Otomatisasi Irigasi Sawah. Vol. 3, No. 1: Issn 2442-2436.

Aprilian Slamet, 2019. Prototype Sistem Monitoring Tanaman Padi Berbasis Internet Of Things (Iot). Skripsi Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Nasution Helfi. 2012. Implementasi Logika Fuzzy PADA Sistem Kecerdasan Buatan. Jurnal Elkha: Fuzzy Logic, Artificial Intelligence. Vol.4, No 2.

Setiobudio Rianto, Cosmas Eko Suharyant. 2019. Sistem Irigasi Otomatis PADA Tanaman Padi Menggunakan Arduino DAN Sensor Kelembapan Tanah. Jurnal Ict: Information Communication & Technology. Vol. 18, No.1: PP. 1-10.

Setiadi1 David, Muhamad Nurdin Abdul Muhaemin. 2019. Penerapan Internet Of Things (Iot) Pada Sistem Monitoring Irigasi Smart Irigasi. Jurnal Infotronik. Vol.3. No. 2

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Hari Setiawan, Julian Sahertian, Made Ayu Dusea Widyadara

Downloads

Download data is not yet available.