Pemilihan Calon Peserta OSN Menggunakan Metode WP dan AHP di SMP Negeri 1 Banyakan
PDF

Keywords

Weighted Product
Analytical Hierarchy Process
OSN

How to Cite

Bijaksana, S. ., Farida, I. N. ., & Sahertian, J. . (2023). Pemilihan Calon Peserta OSN Menggunakan Metode WP dan AHP di SMP Negeri 1 Banyakan. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 7(2), 873–880. https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3511

Abstract

Olimpiade Sains Nasional (OSN) diadakan setiap tahun untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di bidang sains dan teknologi serta untuk mendorong pembelajaran sains di sekolah. Proses seleksi calon peserta OSN melalui seleksi siswa tidak mudah karena sekolah harus mengidentifikasi calon peserta OSN untuk setiap mata pelajaran. Oleh karena itu perlu diterapkan suatu sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi calon peserta OSN dengan menggunakan metode WP dan AHP untuk mempermudah penyeleksian calon peserta OSN. Dengan menggunakan metode WP dan AHP, kriteria poin mata pelajaran (terdiri dari 3 mata pelajaran) digunakan untuk menyeleksi siswa untuk OSN. Dengan hasil yang diperoleh dengan metode WP dan AHP, sekolah dapat secara efektif merekomendasikan calon peserta OSN karena tidak perlu memilih siswa satu per satu.

https://doi.org/10.29407/inotek.v7i2.3511
PDF

References

S. D. Laksana, "Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Education Technology The 21st Century," Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP), vol. 1, p. 9, 2021.

Y. M. Jamun, "Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan," Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, vol. 10, 2018.

C. A. Cholik, "Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / ICT Dalam Berbagai Bidang," Jurnal Fakultas Teknik, vol. 2, 2021.

I. Mustaqim, "Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 13, p. 174, 2016.

U. Rahardja, "Inovasi Perguruan Tinggi Raharja Dalam Era Disruptif Menggunakan Metodologi iLearning," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 13, 2019.

C. Trianggoror, "Pengembangan Repositori Data Pada Lembaga Riset Dengan Status Pusat Unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi," Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, vol. 9, pp. 1-18, 2021.

D. Novitasari, "Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa," Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, vol. 2, 2016.

K. H. Primayana, "Implementasi Manajemen Pembelajaran Daring Berbantuan Platform Kahoot Terhadap Kepuasan Mahasiswa," Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 2, pp. 51-62, 2021.

P. Anggraeini, "Hubungan Antara Persepsi Terhadap Tugas Akademik dan Atraksi Interpersonal Siswa Terhadap Guru Dengan Regulasi Diri Siswa Program Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA Negeri 10 Samarinda," Psikoborneo, vol. 2, pp. 231-237, 2014.

Puspresnas, Petunjuk Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional, Indonesia: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, 2022.

R. Yunitarini, "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Dana Bantuan Menggunakan Metode AHP," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, pp. 34-41, 2020.

L. Farokhah, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Forum Mahasiswa Dengan Metode Weighted Product," Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 11, 2017.

T. Limbong, Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi, Indonesia: Yayasan Kita Menulis, 2020.

A. H. Hasugian, "Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 2, 2018.

A. Supriadi, Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir, Indonesia: Deepublish, 2018.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Satria Bijaksana, Intan Nur Farida, Julian Sahertian

Downloads

Download data is not yet available.