Implementasi Fitur Manual Keyboard Menggunakan Header Pada Basestation Robot Sepak Bola Beroda Abimanyu
PDF

Keywords

Basestation
Keyboard
Manual

How to Cite

Firmansyah, W. ., Sahertian, J. ., & Sulaksono, J. . (2022). Implementasi Fitur Manual Keyboard Menggunakan Header Pada Basestation Robot Sepak Bola Beroda Abimanyu. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(2), 247–252. https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2591

Abstract

Basestation adalah perangkat lunak dengan tipe perangkat lunak sistem kontrol yang dibutuhkan dalam perlombaan Kontes Robot Indonesia (KRI) khususnya divisi Kontes Robot Sepak Bola Beroda.Basestation dapat berfungsi untuk menerima data dari panitia dan basestation dapat meneruskan data ke robot client.Robot client yang terdapat fitur auto positioning terkadang terjadi kesalahan atau gangguan dalam perjalanan menuju titik koordinat XY.Apabila robot sudah dalam keadaan mode retry dan terjadi galat dalam auto positioning, maka operator basestation harus sigap menangani hal tersebut.Aplikasi perangkat lunak basestation harus dilengkapi dengan menu manual keyboard agar robot dapat dijalankan secara manual menggunakan keyboard oleh operator basestation untuk menuju titik tertentu dengan koordinat XY pada saat mode retry.Fitur manual keyboard dalam perangkat sistem kontrol basestation dapat menjadi solusi untuk mengatasi galat auto positioning waktu robot berjalan menuju base.

 

https://doi.org/10.29407/inotek.v6i2.2591
PDF

References

Tim KRI Puspresnas. 2021. Petunjuk Pelaksanaan Kontes Robot Indonesia 2021. Jakarta: Pusat Prestasi Nasional.

Tjoanapessy, Ferdy. dkk. 2019.Aplikasi Base Station Untuk Robot Sepak Bola Beroda. Jurnal Teknik Informatika. Vol.14, No.3:285-290.

Santoso Y. D., Nugroho S., Wardana H. K. 2018. Komunikasi Antar Robot Sepakbola Beroda Menggunakan UDP Multicast. Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer. Vol.7, No.27:287-299.

Amin A.M. 2019. Perancangan Sistem Komunikasi Data Robot Sepak Bola Dalam Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI). Skripsi. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Andi, Yogyakarta.

Moore A. D. 2018. Python GUI Programming with Tkinter: Develop responsive and powerful GUI applications with Tkinter. Packt Publishing Ltd, Birmingham.

Wicaksono M.A.P. 2019. Komunikasi Jaringan pada Robot Sepakbola Beroda. Skripsi. Surabaya: Universitas Dinamika.

Anshori F. I. 2019. Implementasi Socket Tcp/Ip Untuk Mengirim Dan Memasukan File Text Kedalam Database. JURNAL RESPONSIF. Vol.1, No.1:1-5.

Mardiana Y., Sahputra J. 2017. Analisa Performansi Protokol TCP, UDP dan SCTP Pada Lalu Lintas Multimedia. Jurnal Media Infotama. Vol.13, No.2:73-84.

Arius D. 2020. Komunikasi Data. Andi, Yogyakarta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Wahyu Firmansyah; Julian Sahertian, Juli Sulaksono

Downloads

Download data is not yet available.