PENGARUH BRAND AMBASADOR, LIVE STREAMING, DAN PROMOSI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KALANGAN MOTOR TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.29407/y92dq857Keywords:
Brand Ambasador, Live streaming, Promosi, Keputusan Pembelian, MotorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, Live streaming, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk kendaraan bekas di showroom Kalangan Motor Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kausalitas. Variabel yang terdapat dalam desain penelitian kausalitas ini adalah variabel independen (keputusan pembelian) dan variabel dependen (brand ambassador, Live streaming, dan promosi media sosial). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap anggota populasi. Adapun kriterianya yaitu konsumen yang pernah menonton Live streaming atau melihat promosi Kalangan Motor Tulungagung di Tiktok. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sejumlah 96 responden. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa secara simultan brand ambassador, Live streaming, dan promosi media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di Kalangan Motor Tulungagung.
References
[1] Sopandi A, Triana N, Nadeak T. The influence of brand ambassadors and promotions on purchasing decisions for yamaha fazio motorbikes at xyz karawang dealer. COSTING J Econ Bus Account 2024;7:2623–34.
[2] Hidayat AF, Untarini N. Pengaruh promosi penjualan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian mobil wuling confero di Surabaya. J Ilm Wahana Pendidikan, Desember 2023;9:167–75.
[3] Amelia S, Fauji DAS, Sardanto R. ANALISIS SHOPEE PAYLATER DAN SHOPEE GAME TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE MAHASISWA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI 2022.
[4] Susanti EN, Prasojo A, Raharjo IB. STORE ATMOSPHERE , PRICE DISCOUNT DAN KUALITASPRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN di CV TORTA INDONESIA. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:683–92.
[5] Dewi DS, Priantono S, Vidiyastutik ED. Pengaruh Brand Ambassador Dan Citra Merek Terhadap Keputusaan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Surya Inti Putra Pahlawan Kota Probolinggo. JUMAD J Manag Accounting, Digit Bus 2023;1:621–30. https://doi.org/10.51747/jumad.v1i5.1441.
[6] Rosa MB, Anam Miftakhul Huda. PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING TIKTOK TERHADAP MINAT PEMBELIAN PADA KONSUMEN AKUN PRODUK ATAP UPVC @DR.SHIELD. TheCommercium 2025;9:1–23.
[7] Hinelo R, Kango U, Lestari W. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hino (Studi Kasus Pada PT. Nenggapratama Prima Nusantara Gorontalo). J Ilm Manaj dan Bisnis 2022;5:491–7.
[8] Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan). 2021.
[9] Sugiyono P. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 2. Kota Bandung: ALFABETA, cv; 2021.
[10] Ghozali I. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IDM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Universitas Diponegoro; 2018.
[11] Gusdaputra D, Afwa A, Asril A, Anggraini N. the Influence of Brand Ambassador, Trust, Price and Products on Purchase Decisions At Shopee Indonesia (Case Study on Pekanbaru Students). J Apresiasi Ekon 2023;11:167–76. https://doi.org/10.31846/jae.v11i1.591.
[12] Cahyadi IGN. Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelia pada air minum dalam kemasan fotaqua di badung bali. Values 2020;1:152–9.
[13] Anindasari AP, Tranggono D. Pengaruh Live Streaming TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Generasi Z Pengikut Akun @skintific_id. J Ilm Wahana Pendidik 2023;9:13–26.
[14] Tolan MS. Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita ( Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado ). Productivity 2021;2:360–4.
[15] Lukito WA, Fahmi DL. Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. J Econ Account 2020;1:90–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dimas Muhamad Rifai

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
