PENGARUH VIRAL MARKETING, CELEBRITY ENDORSE DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE SKINTIFIC

Authors

  • Amelia Nur Oktaviana Fitriyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Edy Djoko Soeprajitno Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dyah Ayu Paramitha Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/x6e51t33

Keywords:

Viral Marketing, Celebrity Endorse, FOMO, Keputusan Pembelian, Skincare

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tentang bagaimana strategi viral marketing, celebrity endorse dan fear of missing out (FOMO) di kalangan mahasiswa dapat mendorong keputusan pembelian pada produk skincare Skintific. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa program studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan rumus Sugiyono 2019 dimana jumlah varaibel dikalikan dengan 10 sehingga  diperoleh sampel sebanyak 40 responden sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner diolah menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel viral marketing, celebrity endorse dan fear of missing out (FOMO) secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk skincare Skintific. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi ketiga variabel pemasaran digital tersebut dalam satu model untuk menguji perilaku pembelian generasi muda terhadap produk skincare.

References

[1] Firmansyah H, Nurrachmi I, Umiyati H, Ariyanto A, Ranggana Putra A, Rustandi N, et al. Teori Marketing. 2022.

[2] Mustikasari LD, Hakimah EN. ANALISIS DAMPAK STRATEGI STAMP CARD , SOCIAL MEDIA MARKETING , DAN 2024;3:803–13.

[3] Aikasari EP, Soeprajitno ED, Kurniawan R. ANALISIS KUALITAS PRODUK , PROMOSI DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK SCARLETT MAHASISWA UNP 2024;3:523–32.

[4] Labu CPY, Istiasih H, Damayanti S. PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER DAN CONTENT MARKETING 2024:232–42.

[5] Tirtayasa S, Lubis AP, Khair H. Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. J Inspirasi Bisnis dan Manaj 2021;5:67. https://doi.org/10.33603/jibm.v5i1.4929.

[6] Furqon MA. Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. J Inspirasi Bisnis dan Manaj 2020;4:79. https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3311.

[7] Septiani AYUC, Area UM. PENGARUH VIRAL MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC ( Studi Kasus Pada Pengguna Skincare Somethinc di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang ) SKRIPSI PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS 2024.

[8] Ningtias INC, Istiasih H, Damayanti S. Pengaruh Influencer Endorse, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote Di Kota Kediri 2024:134–43.

[9] Yunita SE, Puspasari ID, Paramitha DA. PENGARUH HARGA , KUALITAS PRODUK , CELEBRITY ENDORSER TERHADAP 2024;3:308–18.

[10] Ningtyas YP, Fauzi RUA. Pengaruh Promosi, Motivasi Hedonis, Fomo, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Shopee di Kota Madiun. Simba 2023;5:1–12.

[11] Jurnal J, Mea I, Risty D, Pratiwi A, Saputra HT, Utama HH. DAN DISKON HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE ” 2024;8:2566–82.

[12] Sari ND, Prayitno SR, Azzam A, Afghani A, Kesehatan P, Semarang UINW. Pengaruh FoMO Pada Promo Iklan Di TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Mahasiswa : Ditinjau dari E-Commerce The Effect of FoMO on Advertising Promos on TikTok on Purchasing Decisions By Student : Viewed from E-Commerce 2025:10148–59.

[13] Andora M, Yusuf A. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Pada Platform Shopee. J MANAJERIAL 2021;20:208–16. https://doi.org/10.17509/manajerial.v20i2.29138.

[14] Pratiwi R, Setyaky RR. Pengaruh Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Persepsi Nilai Sebagai Moderasi. Cap J Ekon dan Manaj 2021;5:58. https://doi.org/10.25273/capital.v5i1.10307.

[15] Wachyuni SS, Namira S, Respati RD, Teviningrum S. Fenomena Fear Out Missing Out (Fomo) Terhadap Keputusan Pembelian Restoran Viral Karen’S Diner Jakarta. J Bisnis Hosp 2024;13:89–101. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1382.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Fitriyah, A. N. O., Soeprajitno, E. D. ., & Paramitha, D. A. . (2025). PENGARUH VIRAL MARKETING, CELEBRITY ENDORSE DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SKINCARE SKINTIFIC. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 877-886. https://doi.org/10.29407/x6e51t33

Similar Articles

1-10 of 231

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>