ANALISIS EFISIENSI WAKTU PEMESANAN DI WARUJUNCTIONPARK MELALUI RESERVASI ONLINE VIA WHATSAPP UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PEMESANAN MENGGUNAKAN METODE TEORI ANTRIAN ONLINE (QUEUING THEORY ONLINE)

Authors

  • Nova Visesa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Adelia Anggun Pramesti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sherina Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Putri Yuliana Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/e767ef88

Keywords:

Teori Antrian, Sistem Reservasi Online, WhatsApp, Waktu Tunggu, Efisiensi Operasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi waktu pemesanan di Warujunctionpark melalui implementasi sistem reservasi online berbasis WhatsApp dengan pendekatan teori antrian online. Tingginya jumlah pengunjung dan waktu tunggu yang panjang menjadi masalah utama yang dihadapi oleh Warujunctionpark. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengambilan data primer melalui observasi langsung dan pengumpulan data waktu pemesanan selama tiga bulan implementasi. Analisis data menggunakan model M/M/s dengan sampel sebanyak 850 pengunjung yang dibagi menjadi dua kelompok: pengguna sistem reservasi konvensional dan pengguna sistem reservasi online via WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem reservasi online via WhatsApp berhasil mengurangi waktu tunggu pemesanan sebesar 63,7% dibandingkan dengan sistem konvensional. Tingkat utilisasi server meningkat dari 68,2% menjadi 87,5% dengan peningkatan efisiensi pemrosesan pemesanan sebesar 42,3%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital dalam manajemen antrian dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional dan kepuasan pengunjung di destinasi wisata dengan volume pengunjung tinggi seperti Warujunctionpark.

References

[1] Firdausi HS, Alvianna S, Puspawigati A, Ulya AF. Legend Star Park Jawa Timur Park 3 Batu 2025;4:75–9.

[2] Aghitsni WI, Busyra N. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). J Ilm MEA (Manajemen, Ekon dan Akuntansi) 2022;6:38–51.

[3] Zanella A. Queueing Theory. Princ Commun Networks Syst 2011:517–96. https://doi.org/10.1002/9781119978589.ch8.

[4] Hajar IES, Sari YA. Ringkasan Materi Manajemen Pemasaran Semester Ii Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha. AcademiaEdu n.d.

[5] Komalasari R, Pramesti P, Harto B. Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia J Pariwisata Indones 2020;2:163–70. https://doi.org/10.37253/altasia.v2i2.559.

[6] Hartini S, Vikri RK. IDENTIFIKASI & ELIMINASI NON-VALUE ADDED ACTIVITIES PADA STASIUN KERJA PACKING KARDUS PRODUK MAKANAN RINGAN (Studi Kasus PT XYZ) 2024:1–11.

[7] Putri Y, Tambunan K. Analisis Sistem Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Nasabah Pada Customer Service Di BSI KCP Kabanjahe. J Ilm Ekon Dan Manaj 2024;2:205–11.

[8] Danton JP. Journal of Information Ethics . . Libr Q 1994;64:490–2. https://doi.org/10.1086/602746.

[9] Rachmat Z, Yanto A, Yulia R, Denny N, Widi R, Dwi A, et al. Strategi Bisnis Digital Strategi Bisnis Digital Dan Dan Implementasinya Implementasinya. 2023.

[10] Suharto B, Medina FD, Ardianto KD. Implementasi Sistem Digital di Departemen F&B: Meningkatkan Kepuasan Tamu dan Efisiensi Layanan. J Ilm Hosp Manag 2024;14:259–72. https://doi.org/10.22334/jihm.v14i2.279.

[11] Erlini E, Erni E, Maggie M, Flesya V. Pengelolaan Permintaan dan Kapasitas Produksi pada UMKM Sektor Jasa di Kota Batam. J Penelit Inov 2022;2:375–82. https://doi.org/10.54082/jupin.88.

[12] In-person CM. Faculty of Social Science Fall 2023 Course Syllabus MOS 3280F Section – 001 Researching HRM : Skills for Current Students and Future Managers Office Hours : By appointment Course Description : Accessibility : Land Acknowledgement : Wester DAN 2023.

[13] Setiawan, E. P., Sukoco, H., & Harini, L. (2021). Simulasi Penerapan Teori Antrian Dalam Pembatasan Pengunjung Objek Wisata. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 15(4), 719-726.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Visesa, N., Pramesti , A. A., Rahmawati , S., Sari, P. Y., & Limantara, A. D. . (2025). ANALISIS EFISIENSI WAKTU PEMESANAN DI WARUJUNCTIONPARK MELALUI RESERVASI ONLINE VIA WHATSAPP UNTUK MENGURANGI WAKTU TUNGGU PEMESANAN MENGGUNAKAN METODE TEORI ANTRIAN ONLINE (QUEUING THEORY ONLINE). Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1753-1760. https://doi.org/10.29407/e767ef88

Similar Articles

1-10 of 144

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6