ANALISIS PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI KAYUHAN DENGAN METODE ARIMAX ( AUTOGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE WITH EXOGENOUS VARIABLES)”

Authors

  • Shinta Dwi Ratna Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rima Nidak Falentina Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nova Auliyatul Fauziah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dicky Chandra Gunawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Arthur Daniel Limantara Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dwxjgk27

Keywords:

Promosi Media Sosial, Instagram, Tiktok, Kopi Kayuhan, ARIMAX

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi melalui platform Instagram dan TikTok terhadap peningkatan penjualan Kopi Kayuhan dengan menggunakan metode ARIMAX (Autoregressive Integrated Moving Average with Exogenous Variables). Data yang dikumpulkan meliputi penjualan harian, aktivitas promosi, dan biaya iklan di kedua platform selama periode dua tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas promosi, termasuk jumlah posting dan tingkat interaksi, secara signifikan mempengaruhi peningkatan penjualan. Penggunaan ARIMAX memungkinkan pengukuran dampak variabel eksternal dan prediksi tren penjualan yang akurat. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi promosi digital yang konsisten dan terarah dalam meningkatkan volume penjualan melalui media sosial.

References

[1] Natalia PG, Susetyanti DA, Nimah M, Khoiriyah M, Limantara AD. PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA PT . AICE JATIM INDUSTRY MOJOKERTO 2024;3:1257–62.

[2] Monica G, Meilina R. Analisis Peran Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Kerupuk Rambak Cap Ra Di Kabupaten Tulungagung. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:1327–34.

[3] Aghitsni WI, Busyra N. PENGARUH LOKASI, HARGADAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASIEN RUMAH SAKIT SILOAM LIPPO VILLAGE. J Ilm MEA (Manajemen, Ekon dan Akuntansi) 2022;6:38–51.

[4] Harga PP, Dan F. Pengaruh persepsi harga, pelayanan, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan konsumen. Indo-Fintech Intellectuals J Econ Bus 2025;5:3993–4002.

[5] Wahyuningtyas SZ, Habib MAF. Pengaruh lokasi, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada ayam Geprekku Bandung Tulungagung. J Soc Sci Res 2024;4:4248–362.

[6] Damayanti A, Arifin R, Rahmawati. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kenyamanan Tempat Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Bakso Bogem. Riset, J Prodi, Manaj Fak Manaj Unisma, Bisnis 2023;12:510–8.

[7] Sulistiyo TD, Nurbaeti N, Mariati S, Mumin AT, Muhardiansyah D. Pengaruh Lokasi Strategis dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada RedDoorz near CBD Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. J Bisnis Hosp 2024;13:1–11. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1420.

[8] Raharjo IB, Hadi DK, Zuhdi M. Determinana Keputusan pembelian Konsumen Pada Restauran kediri. J Ekon Bisnis 2021;2:3–7.

[9] Suriadi, Sulistyo Budi Utomo, Rendro Laksmono, Rudi Kurniawan, Loso Judijanto. Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, dan Akuntansi) 2024;10:507–13. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.1940.

[10] Mulyatiningsing E. Riset Terapan Bidang pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY pres; 2022.

[11] Rumastari RP. ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, HARGA, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. UNIT NGESREP SEMARANG. Keunis J 2019;7:5–29.

[12] Yuniarti CA, Dini AK, Jannah PC. Analisis Sistem Antrian dalam Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Puskesmas Gunung Pati Kota Semarang. J Compr Sci 2024;3:4112–22. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i8.845.

[13] Dhimas DIR, Arifin M, Julizar A. Simulasi Perhitungan Fuel Consumtion Pada Pesawat A320 Saat Holding Di Bandara Internatioanal Halim Perdanakusuma Menggunakan Teori Antrian. J Teknol Kedirgant 2024;9:37–44. https://doi.org/10.35894/jtk.v9i1.95.

[14] Oktarini D, Azhari, Aprilyanti S. Penerapan Teori Antrian Dalam Menentukan Jumlah Pit Servis Bengkel Sepeda Motor Yamaha Cabang Sako Kenten. J Desiminasi Teknol 2024;12:27–34.

[15] Oktarini D. OPTIMASI JUMLAH PIT SERVIS BENGKEL SEPEDA MOTOR. J Desiminasi Teknol 2025;13:11–6.

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Sari, S. D. R. ., Falentina, R. N., Fauziah, N. A. ., Gunawan, D. C., & Limantara, A. D. (2025). ANALISIS PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN KOPI KAYUHAN DENGAN METODE ARIMAX ( AUTOGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE WITH EXOGENOUS VARIABLES)”. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 1665-1671. https://doi.org/10.29407/dwxjgk27

Similar Articles

1-10 of 178

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6