PENGARUH MINAT BELI ULANG DITINJAU DARI SUASANA CAFE, KUALITAS PELAYANAN, DAN VARIASI MENU DI JOKO TINGKIR CAFE

Authors

  • Aulya Ayu Anggraini Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/8fwatf40

Keywords:

Minat Beli Ulang, Suasana cafe, Kualitas Pelayanan, Variasi Menu

Abstract

Penelitian ini bertujuan unutk menganalisis Pengaruh Minat Beli Ulang Ditinjau dari Suasana Cafe, Kualitas Pelayanan, dan Variasi Menu yang  di Joko Tingkir Cafe. Menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif, data dikumpulkan dari 109 responden melalui kuisoner dan dianalisis dengan regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara silmultan,ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (F-hitung =12,014; Sig =0,000). Secara parsial , kualitas pelayanan (Sig = 0,007) dan variasi menu (Sig = 0,001) berpengaruh signifikan,namun suasana cafe tidak berpengaruh secara signifikan (Sig = 0,158). Koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,248 menunjukkan bahwa 24,8% minat beli ulang oleh ketiga variabel tersebut.Kesimpulannya, meskipun suasana cafe tidak mnjadi pendorong utama secara individual, kombinasi dari kualitas pelayanan pelayanan dan menu yang bervariasi secara efektif meningkatkan minat beli ulang di cafe tersebut.

References

[1] Alamsyah GF. Rebranding Lestari Kopi Menjadi Konservatif Coffee Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan Dan Keberhasilan Usaha. Open J Syst 6013 2025;19:6013–30.

[2] Pertiwi HA, Susilowati H, Hargyatni T. Pengaruh Kualitas Produk , Store Atmosphere , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Soga ( Studi Pada Kampung Batik Laweyan Surakarta ). J Bina Bangsa Ekon 2024;18.

[3] Juliani H, Pebrianti W, Shalahuddin A. Experience Terhadap Customer Satisfaction Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pada CW Coffee. eCo-Fin Econ Financ 2025;7. https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2601.

[4] Ladong F, Wahyuningsih, Muzakir, Ariandi. Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Sidrap Kota Palu Dari Aspek Suasana , Harga , Keragaman Menu dan Waktu Tunggu. J Econ Manag Account Technol 2025;8.

[5] Vionita, Kiki I wayan, Ayu I gusti. Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen The Effect of Product Quality and Service on Consumer Satisfaction. PARIS (Jurnal Pariwisata dan Bisnis) 2025;04:2134–44.

[6] Lubis RH, Arfah Y, Rudy F, Rajagukguk S. Pengaruh Kualitas Lingkungan Fisik Terhadap Revisit intention di Coffee Shop Partner Coffee dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. eCo-Fin Econ Financ 2025;7. https://doi.org/10.32877/ef.v7i2.2540.

[7] Ratnasih C, Putri N, Sania NR. Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen Melalui Store Atmosphere Di Cafe Rainder Coffee & Kitchen Menggunakan Importance Performance Analysis ( IPA ). Jurbisman 2025;3.

[8] Kusumawati FR, Nasution2 UCM, Marut A. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemasaran Experiential Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cafe Jokopi Indonesia Dinoyo. Neraca Akunt Manajemen, Ekon 2025;18:2.

[9] Sihura SEI. Pengaruh Suasana Toko Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pembelian Ulang Pada UD. Sella Desa Bawonahono Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. J Ilm Mhs Nias Selatan 2025;8.

[10] Akhita YJ, Basith A. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Di Cyrano Cafe. J Manaj Pembang Drh 2025;1:74–82.

[11] Wijaya BA, Cahya HN, Ikasari H, Purusa NA. Studi terhadap Minat Beli Ulang pada Hidden Gem Warga Lokal Kafe. Innov J Soc Sci Res 2025;5:3150–65.

[12] Heriyana MI. Evaluasi Kinerja Dengan Metode Balanced Scorecard. Simp Manaj dan Bisnis III Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2019;Vol 4 No 2:201–6.

[13] Wirawan AD, Soeprajitno ED, Meilina R. Pengaruh media sosial, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian di toko legian nursery 1),2),3). Simp Manaj dan Bisnis II Progr Stud Manaj - FEB UNP Kediri 2023;2:1566–74.

[14] Monica G, Meilina R. Analisis Peran Keterampilan Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Umkm Kerupuk Rambak Cap Ra Di Kabupaten Tulungagung. Simp Manaj dan Bisnis II 2023;2:1327–34.

[15] Khasanah U. Analisis Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Fashion Sasbag Kota Pare (Studi Kasus Di Toko Fashion Sasbag Kota Pare). Manajemen, Semin Nas Akuntasi, Ekon Atmos Anal Store Dan, Kualitas Pelayanan 2022:1184–93.

Downloads

Published

2025-08-05

How to Cite

Anggraini, A. A. (2025). PENGARUH MINAT BELI ULANG DITINJAU DARI SUASANA CAFE, KUALITAS PELAYANAN, DAN VARIASI MENU DI JOKO TINGKIR CAFE. Prosiding Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 4, 763-770. https://doi.org/10.29407/8fwatf40

Similar Articles

11-20 of 354

You may also start an advanced similarity search for this article.