PENGARUH KUALITAS LAYANAN, LOKASI USAHA DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BARBERSHOP DOSTCO PARE
Keywords:
Kualitas layanan, Lokasi Usaha, Harga, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, lokasi bisnis, dan harga terhadap loyalitas pelanggan di Barbershop Dostco Pare. Sampel penelitian diambil dari populasi pelanggan yang menggunakan layanan potong rambut di barbershop tersebut dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel, digunakan analisis data dengan regresi linier berganda dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis yang dilakukan meliputi uji t, uji F, dan uji R-squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, lokasi bisnis, dan harga, baik secara individu maupun bersama-sama, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.