Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Ekologi

Authors

  • Ida Rahmawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tutut Indah Sulistiyowati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mumun Nurmilawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Siti Zubaidah Universitas Negeri Malang
  • Susriyati Mahanal Universitas Negeri Malang

Keywords:

ekologi, mahasiswa, belajar

Abstract

Ekologi merupakan matakuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Biologi yang mencakup materi tentang ruang lingkup ekologi, individu, populasi, komunitas dan ekosistem, energi dalam sistem ekologi, daur biogeokimia, habitat dan konservasi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor penyebab kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami materi ekologi sebagai dasar penyusunan modul matakuliah ekologi berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan sampel sebanyak 104 mahasiswa dari tiga universitas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket survey pada google form. Data dianalisis dengan menguraikan hasil survey tentang factor penyebab kesulitan belajar mahasiswa pada materi ekologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64% responden menyatakan kesulitan mempelajari materi daur biogeokimia, 42% kesulitan dalam materi habitat dan konservasi ekosistem. Kendala yang dihadapi mahasiswa dalam mempelajari materi ekologi disebabkan kesulitan dalam mendapatkan sumber belajar ekologi (52%). Sedangkan metode pembelajaran  yang lebih diminati oleh mahasiswa selain penjelasan dari dosen, adalah mengamati langsung dilapangan (80%) serta menyususn proyek bersama (53%) akan membantu mereka dalam belajar ekologi.

References

Atapukang, N. 2016. Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Jurnal Media Komunikasi Geografi, 17: 45-72

Bruton, R. 2017. STEM Education Policy Statement. Irlandia: Department Education and Skill, Irlandia

Firmansyah, M.A. 2017. Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. JPPM, 10: 115-127

Hermayawati. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa. Jurnal Sosio-Humaniora, 1: 1-14

Jamaris, M. 2015. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia

Ma’rifah, D.R. 2017. Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3: 88-94

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Revee, E.M. 2015. Science, Technology, Enginering & Mathematics is Here to Stay. Thailand: Utah State University

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: BP Panca Usaha.

Saputra, A.E., Subagsono & Rohman, N. 2012. Factor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UNS Pada Mata Kuliah Praktik Semester Genap Tahun Akademik 2011/2012. NOSEL, 1: 30-40

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Rahmawati, I. ., Sulistiyowati, T. I. ., Nurmilawati, M. ., Zubaidah, S. ., & Mahanal, S. . (2021). Analisis Faktor Kesulitan Mahasiswa Dalam Mempelajari Materi Ekologi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 4, 298–303. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1530

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2