Profil Motivasi dan Kolaborasi Siswa SMA pada Topik Keanekaragaman Hayati dan Rekomendasi Pengembangan Desain Pembelajaran untuk Pemberdayaannya
PDF

Keywords

Motivasi Belajar
Keterampilan Kolaborasi
Pembelajaran Biologi
ASICC

How to Cite

[1]
“Profil Motivasi dan Kolaborasi Siswa SMA pada Topik Keanekaragaman Hayati dan Rekomendasi Pengembangan Desain Pembelajaran untuk Pemberdayaannya”, Seinkesjar, vol. 5, no. 1, pp. 634–640, Sep. 2025, doi: 10.29407/26g66c58.

Abstract

Selain motivasi, keterampilan kolaborasi juga diperlukan oleh siswa sesuai dengan tuntutan kecakapan hidup abad ke 21. Motivasi belajar termasuk faktor internal yang dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran serta berdampak pada ketercapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan keterampilan kolaborasi merupakan komponen penting dalam proses belajar yang dilakukan secara berkelompok untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan suatu masalah. Hasil observasi awal pada mata pelajaran biologi di salah satu sekolah di Kabupaten Kediri mengungkapkan bahwa siswa masih pasif dalam pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap motivasi belajar dan keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini dilakukan dnegan menggunakan metode survei di kelas X-10 SMAN 1 Mojo, Kabupaten Kediri pada mata pelajaran biologi, topik keanekaragaman hayati pada bulan November 2024. Data motivasi belajar dihimpun menggunakan instrumen angket motivasi belajar dan data keterampilan kolaborasi dihimpun dengan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Observasi kelas dilakukan untuk mengonfirmasi data skor motivasi dan kolaborasi siswa. Data yang tertabulasi akan dianalisis secara desktiptif dan dibahas dalam FGD. Penelitian ini mengungkapkan bahwa motivasi belajar dan kolaborasi siswa masih rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan skor motivasi dan kolaborasi secara berurutan mencapai 55,76% dan  54,29%. Hal tersebut juga didukung dengan hasil observasi bahwa siswa masih belum antusias untuk menjawab pertanyaan guru, masih malas untuk berdikusi dan mengerjakan tugas, serta belum mampu bekerja sama dalam kelompok. Hasil FGD merekomendasikan agar dilakukan pengembangan desain pembelajaran biologi yang mampu meningkatkan motivasi dan kolaborasi siswa dengan menggunakan model-model pembelajaran inovatif, seperti PBL, group investigation, dan ASICC.  

PDF

References

Adhitya, A., Astawan, I. G., & Adi, I. N. R. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Berbasis Google Form. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 250–261.

Akbar, E. A., Balqis, B., & Nurhayati, L. (2023). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi. Khazanah Pendidikan, 17(2).

Alghifari, L. M. M., Harmanto, H., & Zaini, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(2), 76-82.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Glynn, S. M., Brickman, P., Armstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science Motivation Questionnaire II: Validation with Science Majors and Nonscience Majors. Journal of research in science teaching, 48(10), 1159-1176.

Hasan, R., Lukitasari, M., Darmayani, O., & Santoso, S. (2019, February). The variation pattern of cooperative learning models implementation to increase the students creative thinking and learning motivation. In Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). IOP Publishing.

Hermawan, H., Siahaan, P., Suhendi, E., Kaniawati, I., Samsudin, A., Setyadin, A. H., & Hidayat, S. R. (2017). Desain Instrumen Rubrik Kemampuan Berkolaborasi Siswa SMP dalam Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 167-174.

Irawan, D. P., Warman, W., Jamil, J., Asnar, A., Marwiah, M., & Herliah, E. (2024). Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Pembelajaran PKn Kelas XI SMA Negeri 11 Samarinda. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 24-37.

Junita, S., Rahmi, A., & Fitri, H. (2019). Pengaruh Motivasi belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Baso tahun pelajaran 2018/2019. Juring (journal for research in mathematics learning), 2(1), 088-098.

Maulidah, E. (2024). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa. Journal of Islamic Education, 6(2), 264-272.

Rahmawati, E. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education and Development Research, 3(1), 146-151.

Riyanti, A., dan Anggaini, M. (2021). Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia secara Daring di SMP, Jurnal Education and Development, 9(3), 521-529.

Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). Improving Student Collaboration and Critical Thinking Skills Through ASICC Model Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 12174.

Sari, Y. G., Putra, B. E., Miranti, Y., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X DI SMA 1 IX Koto Sungai Lasi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(4), 131-138.

Sari. K. Arum., Zuhdan. Prasetyo, H., & Setiyo. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal pendidikan dan Sains. 6(8), 1-7.

Sihotang H. (2020). Buku Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran. 1st

Susanti, S., Prasetyo, T., & Nasution, S. A. (2017). Model Pembelajaran Kolaboratif sebagai Alternatif Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Didaktika tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).

Syah, A., Jannah, M., & Iramaya, I. (2025, May). Komparasi Model Problem Based Learning (PBL) Dan Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tutallu. Journal Peqguruang: Conference Series 6(2), 928-934.

Wijaya, S. A. (2024). Analisis Penerapan Model Group Investigation Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 814-827.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2025 Septa Adi Hendarso, Rina Yuliati, Anggi Tias Pratama, Poppy Rahmatika Primandiri, Elysabet Herawati, Agus Muji Santoso