Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh tingkat kemampuan motorik siswa peserta ekstrakurikuler futsal. Keterampilan Motorik adalah proses dimana seorang individu mengembangkan kemampuan geraknya menjadi respon yang terkoordinasi, terkontrol dan teratur. Komponen yang mendasari keterampilan motorik pada siswa adalah kecepatan, kelincahan, koordinasi mata dan tangan, serta keseimbangan. Hal ini menyebabkan setiap siswa mempunyai kemampuan gerak berbeda-beda sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskirptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler futsal di SMP PGRI 1 Kota Kediri. Sampel penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler futsal sejumlah 28 siswa. penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan Motor ability terdapat beberapa butir tes yang pertama tes Shutle run 4x10 meter, kedua tes Lempar tangkap bola, ketiga tes Stork stand positional balance, keempat tes Lari cepat 30 meter. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan keterampilan gerak siswa peserta ekstrakurikuler futsal yaitu baik, sebanyak 94% siswa untuk tes shuttle run. Pada tes lempar tangkap bola, rata-rata hasil adalah 53% siswa berada dalam kategori baik. Tes lari 30 meter menunjukkan rata-rata 68,5% siswa termasuk dan masuk kategori baik dan untuk tes keseimbangan posisi stork mencatat rata-rata waktu 53% siswa dalam kategori baik.
References
Allsabah., M. Akbar Husein, & Harmono., S. (2022). Survey of Gross Motor Skills on Students of State Elementary School 2 Mojoroto, Kediri City. Competitor : Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/cjpko.v14i2.35508
Arikunto, S(Sugiyono, 2020) (Sugiyono, 2020). (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bailey, R. (2017). Physical education and sport in schools: A review of benefits and outcomes. Journal of School Health, 87.(9), 723-729. doi:10.1111/josh.12538
Chepyator-Thomson, J. R., & Donnelly, P. (2019). Inclusive Physical Education: A Review. International Journal of Physical Education, Sports and Health, 6*(2), 19-23.
Dowling, F., Garrett, R., & Lisahunter. (2019). Pedagogies of Social Justice in Physical Education and Youth Sport.Routledge.
Fernández-Río, J., Sanz, N., & Calderón, A. (2017). Cooperative Learning and Students' Motivation. *International Journal of Physical Education, 53*(1), 7- 13.
Fisette, J. L. (2020). Social-Emotional Learning in Physical Education. .Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 91.(7), 16-22. doi:10.1080/07303084.2020.1792922
Gallahue, D. L., & Ozmun, J. C. (2015). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults. *McGraw-Hill Education.
Hardman, K., & Marshall, J. (2014). The State and Status of Physical Education in Schools in International Context. *European Physical Education Review, 16*(3), 203-229. doi:10.1177/1356336X10382973
Hassmen, P., Koivula, N., & Uutela, A. (2000). Physical Exercise and Psychological Well-being: A Population Study in Finland. *Preventive Medicine, 30*(1), 17-
doi:10.1006/pmed.1999.0597
Hillman, C. H., Erickson, K. I., & Kramer, A. F. (2008). Be smart, exercise your heart: exercise effects on brain and cognition. *Nature Reviews Neuroscience, 9*(1), 58-65. doi:10.1038/nrn2298
Naylor, P. J., McKay, H. A., & Larouche, R. (2015). Physical Activity Promotion in the Schools. *Canadian Journal of Public Health, 106*(3), eS9-eS15. doi:10.17269/CJPH.106.5083
Priangga Putra, I., Ahmad Muharram, N., & Husein Allsabah, M. A. (2024). Profil Kondisi Fisik Atlet Bolavoli Ekstrakurikuler SMAN. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(3), 177–186. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i3.1673
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Webster, C. A., Beets, M. W., & Weaver, R. G. (2015). The Role of Preservice Classroom Teachers in Promoting School-Based Physical Activity. *Journal of School Health, 85*(1), 23-30. doi:10.1111/josh.12213