Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menentukan seberapa tinggi tingkat pengetahuan Guru PJOK terhadap materi aktifitas akuatik di SD Negri Se-Kecamatan Selopuro Kabupaten blitar. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan survey. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 30 orang guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang digunakan adalaah tes pilihan ganda. Hasil dari ujivaliditas instrument menunjukan 31 butir soal dinyatakan valid dan 3 butir soal dinyatakan gugur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK terhadap materi aktivitas akuatik di SD Negeri se-Kecamatan Selopuro dengan kategori “sangat rendah” sebesar 3,33% (1 guru), “rendah” sebesar 60,00% (18 guru), “tinggi” sebesar 36,67% (11 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 guru).
References
Barnadib, S.I. (2005). Filsafat pendidikan: system dan metode. Yogyakarta: Andi Offset.
Daryanto. (2012). Evaluasi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ermawan Susanto. (2005). Strategi Menghilangkan Fobia Air: Sebuah Pendekatan Menuju Keamanan Pembelajaran Aquatik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Edisi Khusus, 2005.
Muhammad Akbar, H. A. (2021). SURVEI KAPASITAS DAYA TAHAN AEROBIK (VO2 MAX) PADA PEMAIN SEPAKBOLA PERSIK USIA 20 TAHUN. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1). https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1260
Mulyasa, E. (2007). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kasiyo Dwijowinoto. (1979). Renang, Metoda Pola dan Teknik. IKIP Semarang. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/Canopy
Sugito, S., Allsabah, M. A. H., & Putra, R. P. (2020). Manajemen kepelatihan klub renang Kota Kediri tahun 2019. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021