Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu produk bahan ajar yang sering digunakan dan dikembangkan oleh guru. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif yang memanfaatkan hasil penelitian tentang karakteristik mangga podang dan potensi olahannya sebagai yoghurt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, dan kelayakan penggunaan LKPD yang terintegrasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi biologi kelas X di SMA Negeri 7 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model pembelajaran berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini adalah pengembangan produk LKPD pada materi Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen. LKPD yang sudah disusun dan terintegrasi HOST ini sudah dinyatakan valid oleh 1 ahli materi, 2 guru mata pelajaran Biologi, dan telah diujikan kepada 6 siswa SMA. Pada penilaian ahli materi memperoleh nilai dengan rata-rata 50, penilaian 2 guru mata pelajaran memperoleh nilai rata-rata 125, dan penilaian 6 siswa memperoleh nilai dengan rata-rata 135 dengan kriteria valid dan layak digunakan. Artinya produk LKPD yang sudah tersusun ini layak digunakan sebagai media pembelajaran tingkat SMA. Berdasarkan hasil di atas, penelitian deskriptif tentang olahan mangga podang dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk siswa-siswi tingkat SMA kelas X yang berupa bahan ajar LKPD pada materi Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen.
References
Afifah, I. N., Rohmania, Q. N., Fatnatin, F., Primandiri, P. R., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2023). Development of Electronic Module Based on ASICC Learning Models on Bacterial Materials For Class X MIPA to Improve Students Scientific Argumentation Skills. AIP Conference Proceedings, 2588 (1).
Ambarwati, D., Budiretnani, D. A., & Santoso, A. M. (2021). Metaanalisis Pengembangan LKS IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 1 (1): 243-251.
Anila, R. B., Masruri, R., Irawati, F., Kurniawan, H. C., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Keterampilan Inkuiri, dan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMPN Kediri Pada Materi Perubahan dan Pencemaran Lingkungan. Proceedings of the XII Seminar & Workshop Nasional Biologi FKIP UNS. Surakarta: FKIP UNS.
Arianti, W., Setyana, P. E. W., Sarijan, S., & Santoso, A. M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Menguatkan Literasi Numerasi Materi Bumi dan Tata Surya. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 6:33-40.
Darussyamsu, M. M. S. Y. L. R. R. (2021). Analisis Penerapaan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 10 (1): 236–243.
Lase, N. K., & Zai, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan Minda, 3(2), 99–113. http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/462%0Ahttp://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/download/462/412
Niken, J. D. W., Herawati, E., & Santoso, A. M. (2024). Karakteristik Varian Mangga Podang Asal Kediri dan Potensi Olahannya. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran 3, 3(1) : 191–195.
Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2022, December). The Development of Students' Worksheets Using Problem-Based Learning to Improve Creativity And Time Management Skills Of Students. AIP Conference Proceedings, 2468 (1).
Rika Novelia; Facruddin, S. M., & Rahimah, D. (2017). Penerapan Model Mastery Learning BerbantuanLKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VIII.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1): 20–25. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25
Rizky, E. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 08: 1281–1292.
Rohmania, Q. N., Afifah, I. N., Fatnatin, F., Primandiri, P. R., Nurmilawati, M., & Santoso, A. M. (2022). Electronic Module Protist Material Based on ASICC Learning Strategies. Research and Development in Education (RaDEn), 2(1): 40-50.
Sa’adah, S. L., Suryaji, M. A., Azizah, S. N., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Effective Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials For Improving Metacognition Skills, Inquiry Skills and Social Skills Class VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12 (1): 501-506.
Santoso, A. M., Primandiri, P. R., Zubaidah, S., & Amin, M. (2021). The Development of Students’ Worksheets Using Project Based Learning (Pjbl) in Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) and Time Management Skills of Students. Journal of Physics: Conference Series, 1806 (1).
Santoso, A. M., Sulistiono, S., Budiretnani, D. A., Utami, B., Nurmilawati, M., Primandiri, P. R., & Rahmawati, I. (2020). Deseminasi Praktik Terbaik Hasil Penelitian Bidang Eksplorasi Biodiversitas dan Pembelajaran Abad ke 21 untuk Penguatan Wawasan Guru IPA Kabupaten Kediri tentang Penelitian dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1): 54-67.
Susanti, M. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving Me. Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi, 1–10.
Vernanda, D. R., Utami, B., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2021). Kelayakan LKS berbasis strategi ASICC pada Materi Animalia di SMA Negeri 7 Kediri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Widiyanti, A., Marzuki, I., Pujiandi, N., Ramdiah, S., Utami, B., & Santoso, A. M. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis ASICC Pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 6: 788-798.
Yuliani, Y., Wahyuningtyas, E., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Implementation of Problem Based Learning (PBL) Based Local Materials (LM) Through Lesson Study (LS) to Enhance Metacognition Skill, Inquiry Skill and Cognitive Learning Outcomes on Plantae Topic in Grade X5 SMAN 1 Mojo Kediri. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 12 (1) : 353-358.