Pengaruh Faktor Resiko Pre Eklamsi Terhadap Tindakan Sectio Caesarea di RS Tk IV DKT Kediri
PDF

Keywords

preeklamsia
sectio caesarea
kehamilan

How to Cite

Pratika, R. ., Nurahmawati, D. ., & Mulazimah, M. (2022). Pengaruh Faktor Resiko Pre Eklamsi Terhadap Tindakan Sectio Caesarea di RS Tk IV DKT Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 2(1), 300 –. https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3035

Abstract

Prevalensi sectio caesarea cukup besar. Salah satu faktor masalahnya adalah resiko preeklamsia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor resiko preeklamsi terhadap tindakan sectio caesarea di RS Tk IV DKT Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study menggunakan teknik Accidental Sampling. Uji yang digunakan yaitu Chi Squared Test. Hasil penelitian di RS Tk IV DKT Kediri menunjukkan hasil seluruh responden beresiko preeklamsia terhadap tindakan SC yaitu sebesar 32 responden atau 100 %. Berdasarkan hasil analisis Chi-Square Tests dalam penelitian ini didapatkan nilai p variabel = 0,002 < α (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga ada Resiko Pre Eklamsi Terhadap Hipertensi Di RS Tk IV DKT Kediri. Berdasarkan hasil analisis Chi-Square Tests dalam penelitian ini didapatkan nilai p variabel = 0,000 < α (0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima sehingga ada Faktor Resiko Pre Eklamsi Terhadap Tindakan Sectio Caesarea Di RS Tk IV DKT Kediri. Saran agar ibu hamil, keluarga, dan tenaga kesehatan memperhatikan resiko preeklamsia dan mencegah sedini mungkin. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada faktor resiko preeklamsi terhadap tindakan sectio caesarea di RS Tk IV DKT Kediri

https://doi.org/10.29407/seinkesjar.v2i1.3035
PDF

References

Alfianty, 2022. Peran Bidan Dan Dukun Dalam Perawatan Kehamilan Ibu Hamil Di Wilayah Pesisir Kecamatan Abeli (Studi Kasus) Kota Kendari 2016.

Itoh & Kanayama, N. (2014). Obesity and Risk of Preeclampsia. Medical Journal of Obstetrics and Gynecology 2(2): 1024.

Mulyawati, Isti, Mahalul Azam, and Dina Nur Anggraini Ningrum, 2017. Faktor Tindakan Persalinan Operasi Sectio Caesarea. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat 7 (1): 14-21.

Prawirohardjo, 2015. Faktor Persalinan sectio Caesarea Di Rumah Sakitimanuel Bandar Lampung.

Sujiyatini, Mufdillah, Hidayat Asri. (2009). Asuhan Patologi Kebidanan. Jogjakarta: Nuha Medika.

Weku, R.C.F, Wantania, J.J.E, Sondakh, J.M.M. 2016. Hubungan indeks massa tubuh (IMT) awal kehamilan dengan luaran maternal neonatal. Jurnal e-Clinic (eCl), 4 (2):

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Rindi Pratika, Dhewi Nurahmawati, Mulazimah Mulazimah

Downloads

Download data is not yet available.