Sistem Rekomendasi Tanaman Pertanian Berbasis IOT
pdf

Keywords

Iklim
Tanaman
Pertanian
Fuzzy
IOT

How to Cite

Kuswantoro, M. Y. P. ., Niswatin, R. K. ., & Farida, I. N. . (2020). Sistem Rekomendasi Tanaman Pertanian Berbasis IOT. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 4(3), 219–224. https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.89

Abstract

Iklim diartikan sebagai kondisi  cuaca pada suatu daerah. Untuk menentukan suatu iklim terdapat parameter-parameter diantaranya suhu, kelembaban dan tekanan udara. Perubahan iklim akan berdampak buruk bagi tumbuhan, karena terdapat tanaman yang tidak bisa tumbuh pada kondisi musim tertentu. Perubahan iklim akan mengancam sistem produksi tanaman yang mengakibatkan ketidakstabilan hasil panen. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat alat yang digunakan untuk merekomendasikan tanaman berdasarkan musim yang akan berdampak pada  kestabilan  hasil panen. Pengambilan keputusan untuk menentukan rekomendasi tanaman diambil dari data realtime dengan menggunakan sensor DHT11 dan BMP180 yang terhubung pada mikrokontroler NodeMCU. Metode yang digunakan yaitu logika fuzzy dengan 27 aturan. Output dari pen elitian ini adalah dapat memberikan informasi mengenai  suatu  musim  sehingga dapat  merekomendasikan  tanaman  yang  cocok pada musim  tertentu.  Dari  hasil pengujian didapatkan persentase  keakuratan sistem sebesar 84,4%. Sehingga dengan adanya alat ini dapat membantu permasalahan petani terhadap ketidakstabilan hasil panen yang diakibatkan oleh perubahan musim.

https://doi.org/10.29407/inotek.v4i3.89
pdf

References

Parry, M., L. et al. 2007. Climate Change 2007: Impacts, Adaptation and Vulnerability. Contribution of Working Group II to the Fourth Assessment Report of the Intergovernmental Panel on Climate Change(IPCC). Cambridge University Press, Cambridge.

Anonim. 2007. Perubahan Iklim di Indonesia.

Hidayat, F., & Budiyanto, A., 2018. Implementasi Fuzzy Pada Sistem Pengidentifikasi Cuaca Di Tempat Wisata Berbasis Arduino Uno Dan Labview. Yogyakarta.

Ratama, N., & Munawaroh. 2019. Konsep Kecerdasan Buatan Dengan Pemahaman Logika Fuzzy dan Penerapan Aplikasi. Hal. 33. Tangerang Selatan.

Saptadi, A., H. 2014. Perbandingan Akurasi Pengukuran Suhu dan Kelembaban Antara Sensor DHT11 dan DHT22 Studi Komparatif Pada Platform ATMEL AVL dan Arduino. Jurnal infotel. Vol. 6. No. 2. Hal. 49-55. Purwokerto.

Downloads

Download data is not yet available.