Abstract
Proses penentuan peserta bimbingan belajar selama ini masih dilakukan secara manual dan lebih mengutamakan intuisi Pendidik. Data akademik siswa nilainya beragam, pihak Sekolah hanya mengacu pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) tetapi sering terjadi kekeliruan. Dalam Data Mining terdapat proses transformasi data untuk mengubah data menjadi nilai yang lebih mudah untuk diolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode transformasi data yang tepat untuk menentukan peserta bimbingan belajar menggunakan metode Perceptron. Tahapan yang dilakukan adalah membaca data, membuat Vektor Fitur menggunakan transformasi data, membagi data menjadi dua, training dan testing, kemudian proses pelatihan jaringan perceptron dengan data training dan pengujian jaringan dengan data testing. Hasil pengujian proses yang menggunakan metode MinMax mendapatkan rata-rata akurasi sebesar 18,70% dan KKM sebesar 16,24%. Dari penelitian ini didapat proses tranformasi data yang tepat adalah MinMax, tetapi Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron tidak tepat digunakan untuk proses penentuan bimbingan belajar karena data yang ada sangat heterogen.
References
Aisyah, S. S.Ag, M.Pd. 2015. Perkembangan Peserta Didik & Bimbingan Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Khoirudin, Nurdiyah, Wakhidah. 2018. Prediksi Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Multi Layer Perceptron . Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, Vol 14, No.1: 1-4.
Hakim, Nurin Nakmah Comy. 2016 .Aplikasi penentu peserta bimbingan belajar dengan metode Perceptron pada MTs. AL Huda Gondang Nganjuk: Skripsi. UN PGRI Kediri.
Diyah Puspitaningrum, 2006, Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan, Yogyakarta: ANDI
Hermawan, Arif. 2006. Jaringan Saraf Tiruan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi
Fc. Lucky Laura Van, 2016, Klasifikasi Gaya BelajarVisual-Audiotorykinesthetic (V-A-K) Mahasiswa Berbasis Jstmenggunakan Algoritma Perceptron, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 7 , Nomor 1.
Suyanto, 2014, Artificial Intelligence ( Searching, Reasoning, Planning dan Learning), Bandung: INFORMATIKA
Junaedi, H., Budianto, H., Maryati, I., & Melani, Y. (2011). Data transformation pada data mining. Prosiding Konferensi Nasional Inovasi dalam Desain dan Teknologi-IDeaTech, 93-99.
Muktadir, A. (2018). Model Bahan Ajar Mulok Berbasis Cerita Rakyat untuk Pendidikan Karakter di SD. LITERA, 17(1).