Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru di CV. Bintang Banua Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto
PDF

Keywords

Fuzzy Tsukamoto
Pegawai
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)

How to Cite

Subiyantoko, R. ., Sahertian, J. ., & Swanjaya, D. . (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru di CV. Bintang Banua Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), 6(1), 294–301. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/inotek/article/view/2532

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang dihadapi oleh CV. Bintang Banua yaitu bagaimana cara menerapkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy Tsukamoto dalam penerimaan karyawan baru. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan yang mampu membantu kinerja perusahaan dalam menentukan calon karyawan baru yang layak menjadi karyawan dengan menggunakan metode fuzzy tsukamoto. Logika fuzzy adalah teori himpunan logika yang dikembangkan untuk mengatasi  konsep  nilai  diantara  kebenaran dan kesalahan.  Dengan  menggunakan  logika fuzzy  nilai  yang dihasilkan  tidak hanya 0 dan 1, tapi semua kemungkinan diantara 0 dan 1. Hasil  penelitian  berupa  sistem aplikasi  yang  telah  diuji  serta memenuhi tujuan yang diharapkan. Kesimpulan hasil akhir penelitian ini adalah setelah nilai dihitung maka calon karyawan akan dikategorikan menjadi 2 yaitu diterima dan tidak diterima. Jika nilai probabilitas hasil seleksi lebih besar sama dengan 80 maka masuk kategori diterima dan jika di bawah 80 maka tidak diterima. Sehingga Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto dapat memberikan penilaian secara efisien, efektif dan dapat mempermudah perusahaan dalam menentukan karyawan baru yang selanjutnya akan dilakukan tindakan lebih lanjut oleh pihak pimpinan perusahaan.

PDF

References

Kurniawan, Y. I., & Windiasani, P. A. (2017, Januari - Juni). Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Kelolosan Beasiswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Menggunakan Metode Fuzzy. Jurnal Teknik Elektro, Vol. IX No. 1. York

Yaqin, A., Utami, E., & Luthfi, E. T. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN DOSEN PEMBIMBING DENGAN METODE LOGIKA FUZZY. Seminar Nasional Informatika, Vol I, No. 1.

Febrianto, M. A., & Dara, M. A. (2021, Juli 24). Sistem Kecerdasan Buatan untuk Menentukan Harga Sewa Kamar Kost Menggunakan Algoritma Fuzzy Tsukamoto. Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Rizki Subiyantoko; Julian Sahertian, Daniel Swanjaya

Downloads

Download data is not yet available.